Apakah Istri Irjen Ferdy Sambo Bisa Kena Pidana soal Laporan Palsu?
Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi. (Ist)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini Bareskrim Polri menghentikan penyidikan kasus dugaan pelecehan yang dilaporkan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi, karena tidak ditemukan fakta adanya tindak pidana.

Menariknya, laporan itu pun disebut hanya upaya menghalangi penyidikan atau obstruction of justice kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Dengan adanya upaya menghalangi itu, muncul pertanyaan mengenai kemungkinan Putri Chandrawathi dapat dipidana.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto yang dipertanyakan ihwal tersebut tak menjawab lugas. Dia hanya menyatakan masih menunggu dari tim Inspektorat Khusus (Itsus).

Adanya Penghilangan Barang Bukti

"Nunggu audit dari timsus melalui Itsus," ujar Agus saat dikonfirmasi, Senin, 15 Agustus. Namun, pada kesempatan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sempat menyatakan bakal menindak tegas pihak yang melakukan upaya penghalangan penyidikan.

Walaupun, saat itu konteks pihak yang dimaksud lebih kepada anggota Polri karena diketahui adanya upaya penghilangan alat bukti berupa CCTV.

"Ada CCTV rusak yang diambil pada saat di satpam dan itu juga sudah kita dalami dan kita sudah mendapatkan bagaimana proses pengambilan dan siapa yang mengambil juga sudah kita lakukan pemeriksaan dan saat ini tentunya kita akan melakukan proses selanjutnya,” ujar Kapolri, Kamis, 4 Agustus.

“Tentunya memang kendala daripada upaya pembuktian adalah adanya barang bukti yang rusak atau dihilangkan sehingga membutuhkan waktu untuk mengungkap tuntas kasus ini,” sambungnya.

Dalam proses penyidikan yang masih berjalan, para pelaku yang bisa dikatakan menghambat proses penyidikan itu akan menjalani sidang kode etik. Tujuannya, memastikan pemberian sanksi.

"Nanti akan kita proses nanti berdasarkan hasil keputusan apakah ini masuk ke dalam pelanggaran kode etik maupun pelanggaran pidana," kata Kapolri.

Sebagai informasi, Bareskrim Polri menghentikan LP perkara dugaan pelecehan seksual yang dilaporkan Putri Chandrawathi. Termasuk LP dugaan ancaman disertai kekerasan. Dua LP ditutup lantaran kasus kematian Brigadir J akibat dugaan pembunuhan berencana telah masuk unsur pidana.

"Kita anggap dua LP ini menjadi satu bagian masuk dalam obstruction of justice ya," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi.

Kedua LP yang dilaporkan istri Irjen Fedy Smabo itu juga dianggap 'pengaburan' dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Kedua LP itu disebut sebagai alibi untuk menutupi kematian Brigadir J karena dibunuh.

"Ini bagian dari upaya menghalang-halangi pengungkapan daripada kasus 340 (pembunuhan berencana, red)," tandasnya

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul:  Laporan Pelecehan dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J Tak Terbukti, Istri Irjen Ferdy Sambo Bisa Dipidana?

Selain Istri Irjen Ferdy Sambo, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!