Tips Desain Interior Eklektik yang Bisa Kamu Terapkan di Murah
Ilustrasi (Max Vakhtbovych/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Apabila Anda suka bereksperimen saat mendekorasi rumah, terutama dengan hal-hal yang berani dan unik, maka gaya interior eklektik bisa menjadi salah satu opsi.

Menariknya, kunci dari gaya eklektik adalah memadukan gaya yang berbeda, kombinasi tekstur, serta warna-warna yang kontras sehingga menghasilkan ruangan yang indah dengan perpaduan yang pas.

Namun, jika Anda masih merasa sedikit takut untuk memadukan berbagai furnitur yang berani, maka beberapa tips melansir dari HighEnd, Senin, 15 Agustus, di bawah ini akan membantu Anda!

Pilih palet warna inti

Memilih serangkaian warna utama untuk dekorasi eklektik Anda adalah langkah pertama yang paling tepat. Langkah ini akan membantu Anda untuk menciptakan tampilan yang terpadu dan menyatukan elemen desain eclectic bersama-sama agar seimbang.

Akan lebih baik jika Anda memilih satu warna netral dan satu warna aksen untuk permulaan. Sebagai warna dasar, warna netral akan memberikan kesan menenangkan secara keseluruhan sehingga ruangan tidak akan terlihat terlalu berlebihan. Dengan warna netral yang tepat, warna aksen pilihan Anda juga akan terlihat lebih harmonis dan serasi.

Bereksperimen dengan Tekstur

Selain bermain dengan pola, hal yang sama berlaku untuk tekstur. Bersenang-senanglah dengan eksperimen tekstur dan bawa tekstur yang berbeda untuk membuat dekorasi rumah eklektik yang unik dan harmonis.

Cara cerdas untuk melakukan ini tanpa terkesan berlebihan adalah dengan menggunakan tekstur yang berbeda di seluruh ruangan dalam dosis kecil. Tempatkan tekstur halus di samping yang kasar dan yang lembut dengan yang keras, seperti meletakkan sofa mewah dan bantal di sebelah meja kopi bergaya industrial.

Campurkan gaya dari beberapa genre

Ruang eklektik dapat menampilkan beberapa elemen dari genre gaya yang berbeda. Bereksperimen lah dengan berbagai kombinasi koleksi atau item unggulan untuk memahami apa yang cocok. Misalnya, meja kopi Victorian Prancis Anda mungkin cocok diletakkan di ruang tamu art deco. Dinding galeri minimalis Anda mungkin menjadi titik fokus yang sempurna untuk ruang makan bertema desain Memphis.

Gallery Wall

Tidak ada gaya interior desain yang lebih sempurna untuk menyertakan gallery wall selain gaya eclectic. Anda dapat bermain gallery wall dengan bereksperimen dengan warna, dimensi, dan gaya untuk menciptakan ruang tamu bergaya eklektik bohemian yang sempurna.

Gallery wall juga akan terlihat serasi di dinding sederhana sebab di sini Anda dapat memperlihatkan banyak kepribadian dan minat Anda. Hal ini juga akan memberikan titik fokus yang khas. Pilihlah gaya bingkai yang berbeda untuk melengkapi karya seni yang Anda masukkan ke dalamnya.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Mau Punya Rumah dengan Desain Interior Eklektik?Begini Tips Padu Padan Dekorasinya

Selain Tips Desain Interior Eklektik, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!