Ekspor Pinang Sumatera Utara Ternyata Ditujukan ke Negara Ini
Buah pinang. (Foto- Antara)

Bagikan:

SUMATERA UTARA – Buah pinang adalah salah satu komoditas ekspor Indonesia yang diperhitungkan.

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang melakukan ekspor pinang ke Thailand guna memenuhi kebutuhan pangan negara tersebut.

"Sudah ada pesanan pinang dari Thailand sebanyak lima kontainer, " papar eksportir pinang asal Sumut Rianto Aritonang di Medan, dilansir dari Antara, 18 Maret.

Sumatera Utara Rutin Ekspor Buah Pinang

Meskipun Rianto tidak menyebutkan nilai ekspor pinang, namun dirinya mengatakan jika ekspor pinang ke Thailand sebanyak lima kontainer.

Sementara itu ekspor akan dilakukan 2 pekan mendatang, sesuai dengan permintaan importir dari Thailand. "Setelah lima kontainer, akan ada lagi ekspor pinang Sumut ke Thailand," ungkapnya.

Perlu diketahui, Thailand merupakan salah satu negara produsen pinang, akan tetap masih tetap membutuhkan pinang asal Indonesia, khususnya dari Sumut.

Rianto menambahkan jika permintaan pinang dari Thailand berasal dari beberapa perusahaan.

"Hal itu menunjukkan minat beli Thailand terhadap pinang Sumut cukup tinggi," jelasnya.

Pemilik CV Karya Harapan Kita tersebut juga menyebut, selain ke Thailand ekspor pinang juga dilakukan ke India.

Pada bulan Februari 2021 lalu, permintaan ekspor buah pinang yang sudah direbus ke India diketahui meningkat. Pada waktu itu, Sumatera Utara telah mengekspor sebanyak tiga kontainer pinang dengan nilai 130 ribu dolar AS.

Sebelumnya di bulan Januari, permintaan pinang dari Sumatera Utara sendiri diketahui sebanyak satu kontainer  dengan nilai 48 ribu dolar AS.

Sama halnya dengan Thailand, India juga membutuhkan pinang untuk mencukupi konsumsi di negaranya.

Meskipun pengiriman dari Sumatera Utara, namun buah pinang yang diekspor, beberapa berasal dari Aceh.

"Meski bahan bakunya dari Aceh, tetapi pengapalannya tetap dari Pelabuhan Belawan," jelasnya.

Sumatera Utara dan Aceh, merupakan dua provinsi yang menjadi penghasil pinang terbesar di Indonesia. Tidak hanya pinang rebus, namun pinang segar juga rutin diekspor dua wilayah tersebut.

Selain ekspor pinang Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!