Masjid Pertama di Medan yang Mulai Dibangun Raja Deli ke-7
Masjid Masjid Al-Osmani. (Foto- Youtube)

Bagikan:

MEDAN – Masyarakat Medan, Sumatera Utara (Sumut) tentu sudah tidak asing lagi dengan sebuah bangunan megah yang terletak di Kecamatan Medan Labuhan, yaitu Masjid Al-Osmani atau biasa disebut Masjid Labuhan.

Masjid yang beralamat di jalan K.L. Yos Sudarso Kelurahan Pekan Labuhan tersebut merupakan masjid tertua di kota Medan yang pertama dibangun pada tahun 1854.

Diinisiasi oleh Sultan Osman Perkasa Alam

Dilansir dari Wikipedia, pembangunan Masjid Masjid Al-Osmani diinisiasi oleh Raja Deli ketujuh yaitu Sultan Osman Perkasa Alam.

Masjid Al-Osmani dibangun menggunakan bahan kayu pilihan dan baru pada tahun 1870 hingga 1872, masjid dibangun permanen oleh Raja Deli ke-8 yaitu Sultan Mahmud Perkasa Alam.

Selain sebagai kegiatan ibadah, hingga kini Masjid Al-Osmani sering digunakan tempat merayakan peringatan hari-hari besar. Selain itu, ketika musim haji masjid ini juga digunakan sebagai pemondokan.

Peninggalan bersejarah Masjid Al-Osmani yang kini masih dapat diketahui para pengunjung adalah beberapa makam Raja Deli yang ada di sana.

Beberapa Raja Deli yang dimakamkan di Masjid Al-Osmani di antaranya Tuanku Panglima Pasutan (Raja Deli IV), Tuanku Panglima Gandar Wahid (Raja Deli V), Sulthan Amaluddin Perkasa Alam (Raja Deli VI), Sultan Osman Perkasa Alam, dan Sulthan Mahmud Perkasa Alam.

Tertarik mengunjungi Masjid Al-Osmani untuk tempat ngabuburit? Atau ingin sembahyang di masjid pertama dan bersejarah di Kota Medan tersebut?

Selain masjid pertama di Kota Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!