Jelang Lebaran, Bank Indonesia Sibolga Siapkan Uang Rp1,12 triliun
Ilustrasi. (Foto- Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – Bank Indonesia (BI) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) telah menyiapkan Rp1,12 triliun uang tunai guna kebutuhan Lebaran 2021.

Selain itu juga terdapat 101 titik tempat penukaran yang telah disediakan oleh BI Sibolga. Tempat penukaran tersebut tersebar di 16 kabupaten/kota yang merupakan wilayah kerja BI Sibolga.

Tempat Penukaran Uang di Sibolga

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga, Awsin Kosotali, menjelaskan jika naiknya proyeksi kebutuhan uang tunai untuk Lebaran tahun ini dikarenakan ekonomi yang sudah mulai bergerak pasca-COVID-19, meski belum seperti yang diharapkan.

“Angka tersebut tidak ujuk-ujuk muncul, melainkan berdasarkan perhitungan dan kebutuhan masyarakat kita saat ini,” jelasnya dilansir dari Antara.

Guna memberikan layanan penukaran uang tunai ini, Aswin menjelaskan jika BI Sibolga berkoordinasi dengan masing-masing perbankan yang terdapat di wilayah kerja BI Sibolga.

BI Sibolga juga sudah menjalin kerja sama dengan Kantor Pos dan Pegadaian setempat untuk memberikan pelayanan penukaran uang pada masyarakat.

“Sebelumnya layanan penukaran uang langsung turun ke masyarakat melalui mobil kas keliling. Karena suasana masih pandemi COVID-19, layanan memanfaatkan masing-masing bank yang ada di wilayah kerja kita, dan Kantor Pos serta Pegadaian. Jadi masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut,” paparnya Aswin.

Menurut Aswin, masih ada masyarakat yang enggan menukarkan uang ke bank-bank yang ada di daerah. Hal tersebut dikarenakan berbagai hal, salah satunya adalah informasi yang kurang sampai kepada masyarakat.

Maka dari itu, BI akan meminta masing-masing perbankan yang ada di wilayah kerja BI Sibolga guna memasang spanduk bahwa di bank tersebut menerima penukaran uang.

“Dengan adanya spanduk pemberitahuan itu, masyarakat tidak perlu enggan lagi untuk menukarkan uang di bank tersebut,” imbuhnya.

Selain peningkatan uang kertas oleh Bank Indonesia Sibolga, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!