480 Ribuan Bilyet Uang Pecahan Rp75 Ribu Sudah Beredar di Sumatera Utara
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut Soekowardojo menunjukkan UPK-75. (Foto- Antara)

Bagikan:

SUMATERA UTARA – Uang pecahan Rp75 ribu atau Uang Peringatan Kemerdekaan RI ke-75 (UPK -75) telah beredar di Provinsi Sumatera Utara. Adapun menurut Bank Indonesia (BI) jumlahnya 480 ribuan bilyet.

Jumlah tersebut diketahui hanyalah sebagian dari total 2 juta lembar jatah di kantor BI perwakilan Medan. Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut, Soekowardojo menjelaskan jika Sumut mendapatkan jatah 3,6 juta bilyet.

BACA JUGA:


Bagaimana Prosedur Mendapatkan Uang Pecahan Rp75 Ribu di Sumut?

Perlu diketahui, jumlah UPK -75 secara nasional adalah 75 juta bilyet. Kemudian 3,6 juta lembar UPK-75 di Sumut akan disalurkan ke masyarakat melalui tiga kantor perwakilan BI di antaranya Medan, Pematangsiantar, dan Sibolga.

Lebih Lanjut, Soekowardojo menjelaskan jika jatah UPK -75 BI Kantor Perwakilan Medan sudah terserap atau ditukar masyarakat sebanyak 480 ribuan bilyet.

"BI berharap perbankan bisa terus meningkatkan penyebaran UPK-75 itu," beber Soekowardojo dilansir dari Antara, Kamis, 8 April.  Soekowardojo menambahkan masyarakat yang ingin mendapatkan UPK- 75 prosedurnya semakin mudah.

Menurut Soekowardojo satu orang dengan satu kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dapat menukarkan hingga 100 lembar UPK -75 dalam tempo satu hari.

"UPK -75 merupakan alat pembayaran yang sah seperti uang rupiah lainnya. Momentum Idul Fitri 2021 diharapkan bisa meningkatkan peredaran uang Rp75. 000 itu," imbuh Soekowardojo.

Pernyataan Soekowardojo di atas dikemukakan usai memberi penghargaan kepada lima bank yang menyebarkan UPK-75 terbesar di Sumut. Lima bank itu yakni Bank Mandiri, Bank Mestika, BCA, Danamon dan Bank Mayapada.

Selain uang pecahan Rp75 Ribu di Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait