Malas Lihat List Aktivitas Mantan di Twitter, Begini Cara Menghapusnya
Aplikasi Twitter (Photo by @freestocks on Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – Melupakan seseorang memang bukanlah perkara mudah, apalagi orang tersebut adalah orang terdekat dan istimewa bagi Anda.

Untuk dapat move on memang Anda harus segera beranjak, salah satunya tidak melihat aktivitas di media sosial miliknya, salah satunya adalah Twitter.

Terkadang, fitur list pada Twitter memang bisa jadi layanan yang cukup membantu. Namun tak jarang fitur ini jadi mengganggu, karena bagi sebagian pengguna list tersebut menampilkan banyak aktivitas yang tak diinginkan.

Tak jarang, ada pula pengguna yang menemukan akun miliknya terdaftar pada list milik akun yang tidak dikenal. Bisa jadi, karena mereka salah memahami cuitan yang dibikin dan mengira Anda setuju dengan pandangan tertentu –padahal tidak.

Atau, bisa jadi karena ada seseorang yang tidak setuju  dengan pandangan Anda. Tapi, tetap memasukkan akun Anda dalam list agar menjadikan Anda target bullying. Pernah mengalaminya?

Cek Selalu Akun Twitter Anda

Jurnalis Theresa W. Carey menyarankan agar pengguna senantiasa mengecek akun Twitter miliknya secara berkala. Tujuannya agar akun Anda tidak masuk dalam list orang yang tidak dikenal.

Melalui cuitan Twitter, Theresa menjelaskan langkah demi langkah untuk menghapus akun Twitter milikmu dari list orang lain. Hanya saja, langkah ini cuma bisa dijalankan lewat Twitter versi PC atau desktop. Berikut caranya:

Klik ikon List yang terletak di sebelah kiri feed

Selanjutnya, layar akan menampilkan halaman List. Di sini, kamu bisa menemukan semua list yang disimpan maupun yang menyimpan akunmu.

Klik ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas. Kemudian klik menu ‘Lists you’re on’.

Kini, kamu akan melihat daftar pengguna yang menyimpan akun milikmu dalam list bikinan mereka. Biasanya, yang baru saja menambahkan akun milikmu dalam list akan muncul di posisi teratas.

Jika kamu merasa tidak mengenal akun tersebut. Atau, keberadaannya terasa mengganggu dan mengancam, kamu bisa keluar dari daftar tersebut dengan memblokir (sementara atau permanen) akun yang membuat list. Begini langkah-langkahnya:

Setelah menemukan akun yang tidak dikenal, klik akun tersebut

Kemudian kamu akan dialihkan menuju halaman profil dari akun tersebut. Klik titik tiga yang terletak di samping Foto Profil, lalu klik menu ‘Block’

Jika akun tersebut sudah diblokir, maka akun Twitter milikmu tidak akan muncul dalam list miliknya

Nah, jika kamu tidak memblokirnya secara permanen, mereka bisa menambahkanmu ke dalam daftar lagi. Maka dari itu, penting kiranya untuk mengira daftar ini secara berkala. Sehingga kamu bisa mengidentifikasi akun yang berbahaya dan mengganggu kenyamanan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Ogah Liat List Aktivitas Orang Lain di Twitter, Begini Cara Hapusnya.

Selain menghapus list aktivitas mantan di Twitter, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!