Anda Sering Bicara dengan Diri Sendiri? Apakah Normal?
Ilustrasi Self Talk (Freestocks.org/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Pernahkah Anda melihat seseorang bicara dengan dirinya sendiri? Atau jangan-jangan Anda juga pernah melakukan hal ini? Apakah hal tersebut termasuk gangguan kesehatan mental?

Mungkin, bagi sebagian orang berbicara dengan diri sendiri merupakan hal aneh atau sedikit tidak wajar. Padahal, berbicara dengan diri sendiri bukan suatu hal buruk yang dilakukan.

Dilansir dari laman Healthline, Rabu, 10 Februari, studi yang dilakukan oleh Gary Lupyan dan Daniel Swingley menyatakan bahwa berbicara dengan diri sendiri terutama dengan suara lantang memiliki manfaat.

Pada dasarnya, dengan melakukan self-talk Anda akan memberi isyarat pada sistem di dalam diri sendiri untuk melakukan kinerja yang baik.

Berbicara dengan diri sendiri memiliki banyak manfaat baik bagi diri sendiri. Berikut manfaat yang bisa Anda rasakan jika Anda termasuk orang yang cukup sering berbicara dengan diri sendiri.

Meningkatkan Daya Ingat

Dalam penelitian Gary Lupyan dan Daniel Swingley mengklaim bahwa berbicara dengan diri sendiri dapat meningkatkan daya ingat. Hal tersebut akan merangsang daya ingat otak, sehingga otak dapat lebih mudah mengingat sesuatu.

Mengontrol Pikiran

Anda akan menjadi seseorang yang lebih kritis dalam hal berpikir jika sering berbicara dengan diri sendiri menurut pendapat seorang psikoterapis. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol stres dan kecemasan. Cobalah untuk membicarakan hal-hal positif dan memotivasi diri sendiri sehingga Anda akan terpacu untuk tetap positif. Sering ungkapkan apa yang ada di pikiran Anda dapat membuat Anda lebih tenang.

Menghadirkan Perasaan Bahagia

Ketika seseorang berdialog dengan dirinya sendiri dan mengafirmasi dirinya dengan hal-hal positif, hal tersebut akan mengeluarkan endorphin dan membuat dirinya menjadi semangat. Perasaan bahagia tersebut akan berdampak pada produktivitas Anda, dan bahkan dapat membantu Anda menyelesaikan masalah.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setelah Anda mulai kritis dan menghilangkan rasa stres dan kecemasan, Anda akan merasa percaya diri untuk menjalankan kehidupan-kehidupan kedepannya. Anda juga perlu mengapresiasi diri Anda dengan menggunakan kata-kata yang positif, sehingga tingkat kepercayaan diri Anda akan meningkat dengan baik.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul:

Selain mengenai kesehatan mental, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!