Arti dan Sejarah Vrindavan, Istilah yang sering Digunakan Netizen Indonesia untuk Negara Ini
Ilustrasi. (Foto- Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - “Vrindavan” atau “Prindapan” sering kali muncul di kolom-kolom komentar ketika terdapat unggahan yang memperlihatkan suatu aktifitas yang (sering kali) mempertontonkan tempat kumuh dan kurang steril.

Ada di Negara Mana Vrindavan itu?

Berdasarkan penelusuran, ternyata Vrindavan adalah nama dari sebuah kota yang berada di negara India, tepatnya di distrik Mathura, Negara Bagian Uttar Pradesh.

Vrindavan kemudian banyak digunakan netizen tanah air di media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook yang ditujukan untuk mengomentari konten dari negeri India.

Meskipun "Vrindavan" tidak bersifat SARA, namun dalam penggunaannya sering dipakai untuk menyindir kebiasaan orang-orang yang tinggal di India.

Sejarah Vrindavan, Kota Kuno di India

Dilansir dari Wikipedia, Vrindavan memiliki masa lalu kuno, terkait dengan budaya dan sejarah Hindu. Kota tersebut didirikan pada abad 16 dan 17 sebagai hasil dari perjanjian eksplisit antara Muslim dan Kaisar Hindu.

Selain itu, Vrindavan merupakan situs ziarah Hindu penting sejak lama. Vallabhacharya, yang berusia sebelas tahun mengunjungi Vrindavan. Kemudian, dia melakukan tiga ziarah di India, tanpa alas kaki memberikan khotbah tentang Bhagavad Gita di 84 tempat.

84 tempat tersebut dikenal sebagai Pushtimarg Baithak dan sejak saat itu menjadi tempat ziarah. Vallabhacharya tinggal di Vrindavan selama empat bulan setiap tahunnya.

Kota Vrindavan, dengan demikian sangat mempengaruhi pembentukan Pushtimarg. Namun esensi Vrindavan hilang seiring waktu hingga abad ke-16, ketika ditemukan kembali oleh Chaitanya Mahaprabhu.

Pada tahun 1515, Chaitanya Mahaprabhu mengunjungi Vrindavana, dengan tujuan menemukan tempat-tempat suci yang hilang yang terkait dengan kehidupan Krishna.

Selain Arti dan Sejarah Vrindavan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!