Manfaat Pelukan ketika Tidur, Salah Satunya Dapat Memperkuat Imun
Ilustrasi suami istri berpelukan saat tidur (Pexels/Ba Tik)

Bagikan:

MEDAN - Disamping menjaga pola makan dan pilihan jenis makan penuh nutrisi, dukungan pasangan juga bermanfaat meningkatkan imun. Termasuk berpelukan ketika tidur juga memiliki manfaat, tak hanya untuk kesehatan fisik tetapi juga mental.

Sejumlah penelitian juga telah membuktikan manfaat suami istri tidur berpelukan. Artinya, untuk tetap sehat bisa menyimak berikut manfaatnya dan jangan pernah menolak jika pasangan terlalu romantis sebab beri pelukan setiap malam.

1. Tingkatkan hormon cinta

Sebuah penelitian dilakukan Department of Psychiatry, University of North Carolina tahun 2005. Penelitian tersebut membuktikan bahwa semakin sering berpelukan maka tingkat oksitosin meningkat. Oksitosin dikenal sebagai hormon cinta dan bahagia.

Efek paling menakjubkan pada kesehatan adalah dapat menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan detak jantung pada wanita usia premenopause.

2. Menjaga suasana hati

Suasana hati sering tak menentu akhir-akhir ini? Cobalah peluk pasangan untuk menyeimbangkannya. Pelukan juga mampu meningkatkan hormon serotonin yang bermanfaat menjaga mood lebih stabil.

3. Tingkatkan sistem imun

Dilansir Cleveland Clinic, Rabu, 7 Juli, psikolog Joe Rock, PsyD. Mengatakan bahwa berpelukan bisa sebagai terapi. Menurut Rock, memberi dan menerima pelukan juga bermanfaat menguatkan sistem imun.

“Pelukan menyebabkan penurunan pelepasan kortisol –hormon stres- dan beberapa penelitian mengindikasikan bahwa dengan berpelukan dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung saat mengalami stres,” ungkap Dokter Rock.

4. Tidur lebih nyenyak

Ada sejumlah hormon yang menyebabkan gelisah dan susah tidur. Seperti yang telah disebutkan, saat hormon kortisol naik, tubuh jadi tegang dan sulit tidur. Artinya membutuhkan oksitosin dan serotonin yang membuat suasana hati lebih baik sehingga tidur lebih nyenyak. Caranya? Peluk pasangan Anda.

5. Merekatkan ikatan emosional

Ikatan emosional bisa dibangun lewat kebiasaan-kebiasaan kecil. Disamping memberikan perhatian sekaligus memberi pasangan ruang untuk mengembangkan dirinya, memberi pelukan setiap malam juga bisa berkhasiat memperkokoh ikatan.

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan pelukan ada aksi-reaksi  yang membuat seseorang merasa dicintai dan spesial. Sebenarnya, berpelukan bisa dengan keluarga dekat lainnya. Bisa dengan orang tua, anak, maupun kerabat dekat. Ketika merasa dicintai, maka rasa percaya diri akan tumbuh.

7. Membuat otot lebih rileks

Setelah seharian bekerja dan menyelesaikan berbagai urusan, tentu otot terasa kencang dan butuh relaksasi. Menurut seorang terapis keluarga, Virginia Satir, mengatakan bahwa empat pelukan setiap hari bisa membuat seseorang bertahan hidup.

Delapan pelukan bisa untuk maintenance diri dan 12 pelukan bisa membuat sisi positif diri lebih berkembang. Nah, untuk tujuan maintenance jangan ragu berikan pelukan pada pasangan.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 7 Manfaat Suami Istri Berpelukan saat Tidur, Pertama: Tingkatkan Sistem Imun

Selain Manfaat Pelukan ketika Tidur, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!