Facebook akan Blokir Konten <i>Clickbait</i> hingga Video Berkualitas Kentang
Facebook ingin perketat postingan yang ada di platformnya. (foto; unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Melalui rilis reminya, Facebook pada Kamis 23 September, menjelaskan jika mengurangi distribusi konten tertentu termasuk clickbait, posting dengan klaim kesehatan "sensasionalis" atau berlebihan atau video berkualitas rendah di umpan beritanya.

Facebook menguraikan pedoman kontennya saat platform media sosial itu menghadapi peningkatan pengawasan atas cara menampilkan konten kepada para penggunanya.

Apa Tujuan Facebook melakukan pengetatan pembaruan?

Dalam sebuah posting blog, Facebook mengatakan telah berusaha untuk memberikan kejelasan tentang konten yang diturunkan peringkatnya di umpan berita. Facebook menyatakan sebagian penurunan peringkat itu didasarkan pada umpan balik dari pengguna.

Postingan itu muncul setelah Wall Street Journal melaporkan pekan lalu bahwa upaya untuk mengubah algoritme konten untuk meningkatkan "interaksi sosial yang bermakna" berakhir dengan munculnya postingan dengan kemarahan atau sensasionalisme.

Facebook mengatakan juga menurunkan konten dari penerbit berita yang dinilai pengguna sebagai tidak tepercaya dalam survei dan konten yang diposting oleh halaman atau akun yang berulang kali dan melanggar aturannya.

Diharapkan lewat cara ini posting di Facebook menjadi tidak berlebihan, dan berisi informasi yang salah yang biasanya dilakukan oleh influencer ternama, termasuk figur publik. Facebook ingin menciptakan lingkungan media sosialnya terlihat adil dan fair  bagi siapa saja.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Facebook Perketat Aturan Posting untuk Cegah Clickbait dan Pesan Sensasional

Selain Facebook akan Blokir Konten Clickbait, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!