Hujan Meteor Hari Ini Terakhir Terjadi di Bumi Bagian Selatan
Hujan meteor Arids akan terlihat jelas di Bumi bagian Selatan. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Hujan 'Arids' dapat ditonton bagi Anda orang akan memiliki kesempatan spektakuler untuk menyaksikannya muncul pertama kali di Bumi, khususnya ada di bagian bumi selatan.

Sepanjang tahun memang banyak asteroid dan meteorit meluncur melalui ruang angkasa, tersedot ke atmosfer bumi, dan melayang di langit. Jika Anda berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, mereka dapat melihat batu luar angkasa.

Hujan meteor 'Arids' belum pernah terlihat dari bumi

Seiring dengan banyaknya hujan meteor yang terjadi setiap tahun, para astronom kini bersiap untuk hujan meteor yang belum pernah terlihat di Bumi sebelumnya. Hujan meteor ini dikenal sebagai 'Arids.'

Nama tersebut berasal dari konstelasi Ara di mana meteor berasal, dan saat pertama kali ditemukan oleh The SETI Institute pada 30 September, hujan perdana diperkirakan tidak akan mencapai puncaknya hingga Kamis, 7 Oktober. Para astronom memperkirakan hujan Arids sepanjang perjalanan kembali. pada tahun 1995 dengan mempelajari partikel yang dikeluarkan dari Komet 15P/Finlay, tetapi baru sekarang terlihat.

Tidak sering orang bisa menyaksikan hujan meteor yang baru lahir, tetapi dengan Arids, itulah yang terjadi. Ini telah ditambahkan ke Daftar Kerja Hujan Meteor IAU — dengan bangga membawa kode ARD dan nomor identifikasi 1130. Masih belum jelas apakah dan kapan Arids akan kembali setelah kunjungannya pada 7 Oktober 2021, tetapi terlepas dari itu, ini adalah kesempatan luar biasa yang tidak boleh dilewatkan.

Bagi orang-orang yang tertarik untuk menonton debut besar Arids sendiri, kabar buruknya adalah bahwa itu akan sangat terbatas. Orang-orang di Space.com mengonfirmasi bahwa itu hanya akan terlihat dari Belahan Bumi Selatan, dengan lokasi menonton terbaik di Selandia Baru, Argentina, dan Chili.

Pancurannya akan cukup kecil dan lambat, yang berarti peralatan menonton yang tepat, adalah suatu keharusan untuk mendapatkan pengalaman penuh. Bagi siapa saja yang kebetulan berada di area tersebut, carilah pancuran sekitar pukul 00:35 UT dan 03:55 UT pada 7 Oktober.

Sangat mengecewakan bahwa orang-orang di belahan bumi utara harus duduk di luar, tetapi penting juga untuk diingat bahwa ini bukan satu-satunya hujan meteor yang harus diperhatikan.

Hujan Draconid tahunan juga diperkirakan akan mencapai puncaknya pada pagi hari tanggal 8 Oktober, yang menawarkan pemandangan indah dari batuan luar angkasa tambahan. Apakah Anda dalam posisi untuk menonton Arids atau Draconid, aman, punya banyak waktu untuk merasa nyaman, dan nikmati pertunjukan yang akan datang!

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Arids, Hujan Meteor yang Baru lahir Muncul di Bumi Bagian Selatan pada 7 Oktober

Selain Hujan Meteor Hari Ini , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!