Cara Bobby Nasution Atasi Banji di Kota Medan, Minta Bantuan Pusat Juga
Wali Kota Medan Bobby Nasution/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) seakan menjadi langganan banjir tiap tahunnya. Untuk itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengambil kebijakan menambah  anggaran untuk pembebasan lahan.

Adapun anggaran yang dikeluarkan tersebut guna menormalisasi Sungai Bedera menjadi Rp45 miliar. Kepala Bappeda Kota Medan, Benny Iskandar mengatakan awalnya pemkot setempat mengalokasi anggaran pembebasan lahan Sungai Bedera sebesar Rp35 miliar.

Alokasi normalisasi Sungai Bedera Medan bertambah

"Untuk itu, alokasi Rp10 miliar untuk Sungai Babura dialihkan ke Sungai Bedera. Makanya, alokasi untuk Sungai Bedera bertambah menjadi Rp45 miliar," ujarnya dikutip Antara, Minggu, 10 Oktober.

Kebijakan tersebut diambil oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution setelah berkoordinasi dengan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko di Jakarta pekan ini.

"Di pertemuan itu, pak wali kota menjelaskan ada alokasi anggaran Rp10 miliar lagi yang sebelumnya diproyeksikan untuk pembebasan tanah di Sungai Babura," kata Benny.

Akan tetapi, terang Benny, anggaran untuk Sungai Babura tidak bisa direalisasikan tahun depan, karena dibutuhkan anggaran total sebesar Rp1,3 triliun untuk pembebasan lahan.

Walau anggaran telah menjadi Rp45 miliar, lanjutnya, namun masih kurang Rp14 miliar lagi akibat total kebutuhan pembebasan lahan Sungai Bedera di wilayah Medan sebesar Rp59 miliar. Sedangkan pembebasan lahan Sungai Bedera di wilayah Deli Serdang mencapai Rp12 miliar.

"Itu lah yang kita mintakan dapat dialokasikan pemerintah pusat," jelasnya.

Pembebasan lahan normalisasi Sungai Bedera ini tidak bisa dilakukan di wilayah Medan saja, karena Sungai Bedera melintasi wilayah Deli Serdang.

"Kalau hilir Sungai Bedera di wilayah Deli Serdang tidak juga dibebaskan, maka normalisasi itu sia-sia. Airnya tetap tersumbat di Deli Serdang," ujar Benny.

"Mengatasi itu, Kementerian PUPR akan menambah anggaran normalisasi Sungai Bedera demi membantu biaya pembebasan lahan atau menyurati Pemprov Sumut agar mengalokasikan kekurangan anggaran," kata Benny.

 

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Demi Atasi Banjir, Bobby Nasution Tambah Anggaran Pembebasan Lahan Sungai Bedera Medan Plus Minta Bantuan Pusat

Selain Cara Bobby Nasution Atasi Banji di Kota Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!