Cara Wali Kota Bobby Nasution Atasi Banjir di Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution pada Hari Kesiapsiagaan Bencana (Instagram bobbynst)

Bagikan:

MEDAN - Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) setiap tahunnya menjadi langganan banjir. Untuk itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga fokus mengantisipasi dan menangani bencana banjir.

"Bersama kita terus berusaha untuk mencegah juga menangani persoalan banjir. Tinggi genangan, luas genangan, dan intensitas genangan air harus bisa kita tekan. Dan keselamatan masyarakat tetap nomor satu," kata Bobby Nasution saat menjadi Pembina Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Kota Medan Tahun 2021, Minggu, 24 Oktober dikutip dari Diskominfo Pemko Medan.

Bobby Nasution: Kita Jaga Alam Jaga Kita

Pada perhelatan yang juga dihadiri Ketua TP PKK Medan, Kahiyang Ayu Bobby Nasution ini, Wali Kota Medan mengingatkan penting mengantisipasi dan deteksi dini dalam penanganan bencana. Disebutkannya, informasi yang diterimanya kemungkinan curah hujan akan semakin tinggi.

Dalam apel yang turut diikuti unsur Forkopimda, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Muhammad Husni termasuk relawan, Bobby Nasution juga berharap, peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tidak sekadar seremoni.

“Siap untuk Selamat, Kita Jaga Alam Jaga Kita", lanjut Bobby Nasution menekankan.

"Kita maknai tema ini dengan perbuatan nyata. Persiapkan diri dan edukasi masyarakat agar tanggap bencana," pesan Bobby Nasution.

Perhelatan ini juga diisi dengan gotong-royong membersihkan dan mengangkat sampah dari Danau Siombak dengan mengerahkan puluhan perahu karet.

Sebelum gotong royong dimulai, Bobby Nasution didampingi Kahiyang Ayu memberikan bantuan peralatan kebersihan juga bantuan kepada korban puting beliung.

Selain itu, Bobby Nasution meninjau peralatan penanganan bencana dan evakuasi. Selain itu, Bobby Nasution bersama Kahiyang Ayu juga meninjau produk UMKM yang ditampilkan pada perhelatan tersebut.

"Kita memang harus menyatupadukan segenap potensi dan berkolaborasi dalam mencegah dan menangani bencana," kata Kepala BPBD Medan, Muhammad Husni.

“Makanya hari ini kita bangun kolaborasi dalam penanganan bencana. Dan Kota Medan harus menjadi triger dalam penyatuan dan kolaborasi ini. Alhamdulillah, kesepakatan sudah ada. Baik dari pemerintah provinsi, Basarnas, BPBD Medan, dan ini akan kita luaskan," sambung dia.

Husni mengatakan, deteksi dini ini, sebagaimana yang diingatkan Wali Kota Medan akan menjadi perhatian. Penanganan bencana itu tidak hanya dilakukan saat bencana terjadi, namun dari mulai prabencana, pasca bencana, termasuk mitigasi.

"Ini sebuah sistem yang coba kita satupadukan. Kami yakin, jika kita bisa berkolaborasi dan menyatupadukan kekuatan segenap pegiat bencana, Medan juga Sumut mampu mengatasi bencana yang ada," ujar Husni.

Menindaklanjuti perintah Bobby Nasution agar BPBD juga fokus pada penanganan banjir, Husni mengatakan, pada tahap awal ini sebelum curah hujan meninggi pihaknya akan membuka Posko Terpadu.

"Insya Allah, pada akhir bulan nanti kita akan membuka Posko Terpadu di kawasan Belawan juga titik-titik rawan banjir lain. Posko Terpadu ini membangun empati kepada publik. Di Posko ini segala antisipasi disiapkan," kata Husni.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Bobby Nasution Minta BPBD Fokus Antisipasi Banjir Medan

Selain Wali Kota Bobby Nasution , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!