Viral Foto Ayah Rizieq Shihab Berdiri Bersama Presiden Soekarno dan Jenderal Soedirman
Tangkap layar akun Facebook @Bambang Widy

Bagikan:

MEDAN - Beredar foto yang dinarasikan gambar Presiden Soekarno tengah berdiri bersama 2 orang pria. Salah satu pria yang berdiri di sebelah Soekarno dinarasikan sebagai ayah dari Rizieq Shihab.

Foto tersebut diunggah oleh Akun facebook @Bambang Widy. Kemudian Bambang, dalam narasinya mengklaim salah satu pria adalah ayah dari Rizieq Shihab, mantan petinggi Front Pembela Islam (FPI) yang kini mendekam di penjara.

Fakta Foto Ayah Rizieq Shihab Berdiri Bersama Presiden Soekarno 

"Agar publik melek politik sejarah. Ada yg tahu siapa laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soedirman saat itu saat itu?!… Beliau adalah ayahandanya Habieb Risziq Shihab berita ini sengaja di tutupi sejarah oleh compeni pemerintah penjajah saat itu ykni Belanda karena khawatir umat islam bersatu," tulis narasi tersebut dilansir dari kominfo.go.id, Senin, 11 Oktober.

Selain ayah Rizieq, salah satu yang berdiri bersama Soekarno adalah Jenderal Soedirman. Unggahan akun ini telah dibagikan ratusan kali oleh netizen. Benarkah informasi ini? Mari kita cek!

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa seorang pria yang berdiri di antara Presiden Soekarno bersama Panglima Besar Soedirman adalah ayah Habib Rizieq Shihab adalah klaim yang salah.

"Faktanya, pria itu bukanlah ayah Habib Rizieq Shihab. Pria itu adalah Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service yang juga duta besar India untuk Indonesia. Saat itu mereka bertiga meninjau Magelang pada tanggal 27 Agustus 1948," tulis kominfo.go.id

Wajah pria di foto itu sangat identik dengan Mohammad Yunus Khan, yang memang beberapa kali berkunjung ke Indonesia. Misalnya, berkunjung ke Jombang, Jawa Timur pada 1947. Juga saat kunjungan bersama Presiden Soekrano ke Wonosobo, Jawa Tengah pada 3 Maret 1948.

"Mohammad Yunus memang pernah menjabat sebagai duta besar India untuk Turki, Indonesia, Irak, dan Spanyol."

Sementara itu, ayah Habib Rizieq Shihab adalah Habib Hussein bin Muhammad Shihab atau Hussein bin Muhammad bin Hussein bin Abdullah bin Hussein bin Muhammad bin Shaikh bin Muhammad Shihab, adalah seorang pendiri gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada tahun 1937.

Pandu Arab Indonesia adalah sebuah perkumpulan kepanduan yang didirikan oleh orang Indonesia berketurunan Arab yang berada di Jakarta, yang selanjutnya berganti nama menjadi Pandu Islam Indonesia (PII).

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Heboh Ayah Rizieq Shihab Berdiri Bersama Presiden Soekarno Sengaja Ditutupi Sejarah, Benarkah?

Selain Foto Ayah Rizieq Shihab Berdiri Bersama Presiden Soekarno dan Jenderal Soedirman, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!