Tips Memakai Eyeliner agar Sesuai Bentuk Mata, Dijamin Cantik dan Menawan
Ilustrasi cara memakai eyeliner (Unsplash/Artem Labunsky)

Bagikan:

MEDAN - Memang setiap orang khususnya wanita memiliki bentuk mata yang berbeda-beda. Nah dari perbedaan tersebut Anda perlu mengetahui bagaimana cara memakai eyeliner secara tepat sesuai bentuk mata.

Melalui artikel ini, akan diulas dari 7 tips kecantikan untuk membentuk mata antara lain almond, downturned, wide-set, asimetris, bulat, sipit, monolids. Dari kesebelas bentuk mata tersebut, begini saran memakai eyeliner agar sesuai dengan persona penampilan Anda.

7 Cara dan Tips Memakai Eyeliner

1. Cara memakai eyeliner untuk bentuk mata almond

Ciri bentuk mata almond ialah melengkung pada bagian tengah kelopak bawah dan atas. Lebih spesifik lagi, mata almond bisa dikenali dengan tertutupnya bagian iris bawah dan atas dengan kelopak mata. Sudut dalam kelopak mata terlihat tegas dan sudut luar sedikit meruncing serta terangkat ke atas.

Bentuk mata almond tergolong paling simetris, kata makeup artist Jaleesa Jaikaran. Jika bentuk mata Anda almond, bisa dengan mudah mengaplikasikan eyeliner mengikuti garis kelopak mata. Saran Jaikaran, Anda bisa mempertebal olesan pada sepertiga bagian luar agar tampak semakin dramatis.

2. Cara memakai eyeliner bentuk mata downturned

Jika bagian luar sudut kelopak mata dan garis kelopak mata bagian bawah turun, disebut bentuk mata downturned. Sekilas juga bisa dikenal ketika sudut luar kelopak lebih rendah dibanding sudut dalam.

Jaikaran menyarankan menggunakan pensil liner warna cerah untuk membentuk aksen cat-eye. Cara ini membuat mata yang turun lebih terangkat. Tambah Jaikaran, ekor cat-eye buat lebih pendek supaya senyuman terlihat memesona.

3. Cara memakai eyeliner bentuk mata wide-set

Bentuk mata wide-set, jarak kedua mata lebih lebar bahkan lebih lebar dari lebar mata. Saran Jaikaran, aplikasikan liner bagian luar tipis saja dan lebih tebal bagian dalam. Efeknya akan menyeimbangkan bentuk mata bagin dalam.

4. Cara memakai eyeliner bentuk mata asimetris

Seperti sebutannya, bentuk mata yang tidak sama atau satu lebih besar dari lainnya disebut bentuk asimetris. Cara memakai eyeliner berdasarkan saran makeup artist, kenakan lebih tebal bagian luar dan lebih tipis bagian dalam sudut kelopak mata. Cara ini membuat bentuknya terlihat lebih seimbang dari mata kanan dan kiri.

5. Cara memakai eyeliner bentuk mata bulat

Bentuk mata bulat bisa dikenali dengan mudah, yaitu ketika bagian putih mata terlihat lebih lebar daripada garis iris mata. Bagian tengah kelopak mata juga berlihat membulat. Nah, cara memakai eyeliner yang paling tepat ialah dengan tipis saja dan buat wing bagian luar dari linier dengan garis kelopak mata bagian bawah.

6. Cara memakai eyeliner bentuk mata sipit

Ketika mata lebih kecil dibanding fitur wajah, dikenal dengan bentuk mata sipit. Bentuk mata yang juga memiliki jarak tidak terlalu besar antara kelopak atas dan bawah juga dikenal bentuk mata sipit. Jarak antara kelopak atas dan alis berjarak. Supaya terlihat cantik, warna eyeliner yang terang seperti emas, metalik yang merefleksikan cahaya membuat mata terlihat cerah.

7. Cara memakai eyeliner bentuk mata monolid

Bentuk mata monolid tidak memiliki lipatan kelopak. Untuk membentuk fitur mata yang dramatis, perlu mengaplikasikan eyeliner melengkung bagian luar sudut kelopak. Lengkungannya bisa mengikuti lengkungan tulang pipi. Pilihan warna, saran Jaikaran, hindari warna yang gelap atau pilih warna terang seperti warna metalik.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Agar Penampilan Terlihat Dramatis, Begini 7 Cara Memakai Eyeliner Sesuai Bentuk Mata

Selain Tips Memakai Eyeliner , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!