Tips Agar Smartphone Tidak Lemot, Salah Satunya Hapus Data Chace
Cara menghapus data cache di Android (Glints)

Bagikan:

MEDAN - Apakah Anda kesal ketika smartphone yang digunakan tiba-tiba tidak responsif? Jangan terburu-buru ganti smartphone dulu tapi ketika Anda mengalami hal mengesalkan tersebut. Salah satu penyebab smartphone lemot adalah data cache yang menumpuk.

Apa itu Data Chace?

Chace adalah data sementara yang tersimpan di memori penyimpanan Android ketika menjalankan aplikasi di ponsel. Memori tersebut bersifat tidak permanen di ponsel, tetapi dapat menghambat performa smartphone Anda.

Data cache biasanya otomatis tersimpan di ponsel ketika Anda mengoperasikan salah satu aplikasi, misalnya browser Google Chrome untuk mengunjungi situs-situs tertentu, terutama saat pengguna membuka foto atau video.

Pada saat Anda membuka foto atau video itulah, data cache secara otomatis akan tersimpan sebagai file sementara di Android. Dengan file sementara itu, maka browser akan lebih cepat memutar konten yang diinginkan.

Hal itu membuat kecepatan browsing Anda meningkat, dan menghemat kuota yang digunakan untuk membuka sebuah file di internet. Karenanya, data cache memiliki manfaat yang bagus, bukan hanya bagi smartphone untuk mempermudah memutar file, tetapi juga bagi penggunanya.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi data cache dapat membuat Android berjalan lambat ketika jumlah yang tersimpan di memori ponsel sudah cukup banyak. Apalagi, manfaat yang dirasakan hanya terjadi saat pengguna mengoperasikan aplikasi online atau browsing di internet.

Biasanya, smartphone yang sudah digunakan lebih dari 1 tahun akan mengalami masalah performa akibat banyaknya data cache yang tersimpan. Namun, pengguna tidak perlu khawatir performa smartphone akan terus melambat.

Anda dapat membersihkan data cache supaya performa smartphone Anda pulih kembali. Menghapus data cache secara berkala pun dapat membuat smartphone Anda memiliki performa yang stabil meskipun sering digunakan untuk browsing dan membuka aplikasi secara online.

Artikel ini akan menunjukkan bagaimana cara menghapus data cache di Android supaya tidak mempengaruhi performa smartphone Anda. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menghapus data cache, tim VOI telah merangkum cara-caranya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Tips Cara Menghapus Data Cache di Android

  1. Buka menu Settings pada smartphone Anda dan gulir ke bawah hingga menemukan menu Apps.
  2. Pada menu Apps, pilih opsi Manage Apps.
  3. Cari nama aplikasi yang diinginkan untuk menghapus data cache dan pilih opsi "Clear Data" lalu tekan "Clear Cache" untuk membersihkan data cache pada aplikasi tersebut.
  4. Sebagai catatan, setiap sistem operasi Android memiliki cara berbeda untuk menghapus data cache. Namun, secara umum cara menghapusnya hampir sama, dan hanya dibedakan menu di dalam sistem Android Anda.

Jika sudah mengetahui cara menghapus data cache di ponsel Android, pengguna disarankan untuk membersihkannya secara berkala supaya tidak mempengaruhi performa smartphone Anda.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Cara Mudah Menghapus Data Cache di Android Supaya Smartphone Tidak Lemot

Selain Tips Agar Smartphone Tidak Lemot, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!