Tips Melihat Pasword WiFi yang Pernah <i>Konek<i/> di HP
Cara mengetahui password WiFi yang sudah terhubung di smartphone (Makeuseof)

Bagikan:

MEDAN - Internet kini menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Apalagi, sejak pandemi COVID-19 melanda bumi banyak pekerjaan yang dilakukan di rumah dengan internet.

Banyak dari kita memanfaatkan jaringan Wi-Fi, atau jaringan nirkabe yang memungkinkan perangkat seperti komputer dan smartphone terhubung ke internet untuk digunakan menjalankan aktivitas secara daring.

Untuk terhubung ke Wi-Fi tentu membutuhkan password yang telah diatur menggunakan router. Nah jika smartphone Anda sudah pernah terhubung dalam sebuah jaringan Wi-Fi, maka secara otomatis data tersebut akan tersimpan sehingga Anda tidak perlu memasukkan ulang password Wi-Fi tersebut.

Tapi, jika Anda ingin menghubungkan jaringan Wi-Fi tersebut ke perangkat lain, tetapi Anda sudah lupa dengan password yang digunakan, Anda dapat melihatnya di dalam smartphone Anda yang sebelumnya sudah pernah terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Caranya pun cukup mudah, dan jika Anda ingin mengetahuinya dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun tim VOI dalam artikel di bawah ini.

Cara Melihat Password WiFi yang Terhubung di HP Android

Untuk melihat password Wi-Fi yang pernah terhubung pada perangkat ponsel Android Anda, pengguna dapat membuka menu "Setting" atau pengaturan di ponsel Anda.

Selanjutnya, Anda dapat memilih menu "Koneksi" untuk melihat pengaturan jaringan. Di dalamnya, terdapat sejumlah menu, salah satunya "Wi-Fi" yang dapat Anda pilih.

Klik menu "Wi-Fi", dan aktifkan jaringan "Wi-Fi" Anda untuk melihat jaringan yang sedang aktif. Anda dapat memilih salah satu jaringan yang pernah terhubung dengan perangkat Anda dan melihat password-nya.

Jika Anda tidak menemukan jaringan tersebut, pengguna dapat melakukan scaning dengan klik ikon "Scan", hingga jaringan Wi-Fi yang Anda cari muncul.

Selanjutnya, pilih nama jaringan yang Anda inginkan, kemudian akan muncul "QR Code" yang dapat Anda pindai atau scan. Untuk melihat password dari jaringan "Wi-Fi" tersebut, Anda dapat memindainya menggunakan perangkat lain, supaya kombinasi password tersebut dapat terbaca.

Setelah malakukan hal itu, maka password "Wi-Fi" yang pernah tertaut di perangkat Anda akan terlihat di layar ponsel, dan dapat Anda gunakan untuk terhubung ke internet.

Demikianlah cara melihat password "Wi-Fi" yang pernah terhubung ke perangkat ponsel Anda. Pengguna pun dapat melakukannya supaya dapat menghubungkan perangkat lain menggunakan password tersebut.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Cara Melihat Pasword WiFi yang Pernah Terhubung di Ponsel

Selain Tips Melihat Pasword WiFi , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!