Fadli Zon Diamankan Aparat setelah Minta Densus 88 Bubar, Apa Benar?
Politisi Partai Gerindra Fadli Zon (Instagram @fadlizon)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini kanal Youtube Politik Nusantara membuat heboh atas unggahan konten yang berhubungan dengan politisi Partai Gerindra, Fadli Zon

Unggahan tersebut tak lain adalah pernyataan soal pembubaran Densus 88 Mabes Polri. Melalui judul video tertulis jika Fadli Zon diseret paksa aparat karena mengeluarkan pernyataan pembubaran tersebut.

Judul dari video yaitu, "Berita Terkini ~Mulut Kotor fadlizon Berujung Petaka, Desakan Densuss88 Bubar Berakhir Begini,” sebagaimana dilansir dari turnbackhoax, Kamis, 14 Oktober.

Pada bagian thumbnail terdapat narasi berikut, BIADAB PERNYATAAN PROFOKATIF ..!! DESAK DENSUS 88 DIBUBARKAN !! FADLIZON AKHIRNYA DISERET PAKSA APARAT.”

Cek Fakta Fadli Zon Diseret Aparat setelah Minta Densus 88 Bubar

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari turnbackhoax, isi video tidak sesuai dengan judul dan narasi pada thumbnail. Diketahui bahwa isi video merupakan hasil suntingan dari sejumlah video dan pembacaan beberapa artikel.

Video pertama yang dicuplik dalam video tersebut berasal dari video berjudul “Fadli Zon Minta Densus 88 Bubar, Demokrat: Mereka Masih Dibutuhkan!” yang tayang di kanal Youtube detikcom pada 7 Oktober 2021.

Isi video tersebut merupakan pandangan Hinca Pandjaitan Anggota DPR RI Komisi III Fraksi Demokrat terkait pernyataan Fadli Zon atas Densus 88. Tidak ada pernyataan yang menyatakan Fadli Zon diseret aparat.

Lalu, video kedua yang dicuplik ialah video dengan judul “Fadli Zon Dikecam Karena Minta Densus 88 Dibubarkan” yang tayang di kanal Youtube metrotvnews pada 7 Oktober 2021. Bagian yang dicuplik berasal dari menit 1:38-2:01.

"Bagian tersebut berisikan pendapat Ateria Dahlan Anggota DPR RI Komisi III dari Fraksi PDIP terkait pernyataan Fadli Zon atas Densus 88. Dalam pernyataannya tidak ada pernyataan seperti pada judul ataupun narasi thumbnail video di kanal Politik Nusantara.

Video ketiga yang dicuplik ialah video berjudul “ADA APA FADLI ZON Dengan DENSUS88 !? SIKAT SAJA NDANN..!!” yang tayang di kanal Youtube JAGA NUSANTARA pada 6 Oktober 2021. Isi video tersebut berupa tanggapan Gus Mar terhadap pernyataan Fadli Zon atas Densus 88.

"Tidak ada pernyataan terkait judul atau narasi thumbnail video kanal Politik Nusantara. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten video Politik Nusantara masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi," demikian turnbachoax.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Heboh! Fadli Zon Diseret Paksa Aparat Setelah Minta Densus 88 Dibubarkan, Cek Faktanya!

Selain Fadli Zon Diamankan Aparat setelah Minta Densus 88 Bubar, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!