Sindiran Fadli Zon ke Jokowi Berakhir Teguran Prabowo
Jubir Partai Gerindra, Habiburrokhman (Foto: Nailin/VOI)

Bagikan:

MEDAN - Soal Fadli Zon menyindir Presiden Joko Widodo berbuntut panjang. Menurut Wakil Ketua Dewan Pembina sekaligus juru bicara Partai Gerindra, Habiburrokhman persoalan tersebut kemudian membuat Ketua Umum Prabowo Subianto turun tangan.

"Saya pikir itu sudah menjadi tradisi kami ya. Kalau kita ada yang salah, ya saling mengingatkan dan yang diingatkan pun gak baper lah. Pasti menerimanya dengan lapang dada," ujar Habiburrokhman di Gedung DPR, Senin, 15 November.

Teguran Prabowo ke Fadli Zon hanya bersifat lisan

"Garis besarnya saja ya, saya gak diinformasikan kalimat per kalimat. Tapi intinya kita tidak ingin pernyataan yang menimbulkan ketidaknyamanan dari rekan-rekan," tambahnya.

Kasus terbaru Fadli Zon tersebut menimbulkan pertanyaa, apakah Fadli Zon atau kader Gerindra lain tidak boleh mengeluarkan statemen berseberangan dengan Jokowi maupun koalisi? Apalagi sejarah mencatat kalau Fadli punya rekam jejak panjang kerap mengkritik pemerintah.

"Justru itu kami diingatkan. Kami secara umum namanya di parlemen mengawasi pemerintahan, boleh saja semua. Kita bisa lihat di dinamika rapat-rapat di komisi kerap mengkritisi berbagai kebijakan. Tapi pernyataan tersebut, hendaknya dibungkus dengan kalimat yang pas, tidak menyudutkan pihak-pihak lain apalagi personal," jelas Habiburrokhman.

Dia pun mengingatkan, bahwa kritik dan sindiran Fadli berasal dari pribadi bukan Fraksi maupun Partai.

"Kami sampaikan itu tidak cermintakn fraksi atau komisi. Itu sudah kami luruskan," katanya.

Sebelumnya, sindiran Fadli Zon kepada Presiden Joko Widodo soal banjir di Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) berujung teguran. Teguran tersebut bahkan langsung dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Hal itu berawal dari cuitan Fadli Zon yang mengomentari Jokowi usai menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Ketua BKSAP DPR itu memberi apresiasi, sekaligus menyindir Jokowi soal banjir Sintang. Diketahui, banjir yang menerjang Sintang memang terjadi lebih dari dua pekan. Banjir Sintang belum surut dan menyebabkan ribuan rumah warga terendam.

"Luar biasa Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sudah 3 minggu banjir belum surut," tulis Fadli di akun Twitter pribadinya, @fadlizon, seperti dilihat, Sabtu, 13 November.

Walhasil, sindiran Fadli Zon sampai membuat Ketua Umum Prabowo Subianto turun tangan. Prabowo menegur Fadli Zon tidak secara langsung, melainkan melalui Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani.

 

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Kena Tegur Prabowo karena Sindir Jokowi, Fadli Zon Baper?

Selain Sindiran Fadli Zon ke Jokowi , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!