Duh, Kurang Tidur Malam Bisa Jadi Penyebab Penyakit Mental
Ilustrasi tidur malam yang berkualitas (Pexels/cottonbro)

Bagikan:

MEDAN - Apakah Anda orang yang suka dengan begadang? Memang kebiasaan sepele seperti tidur acap kali dianggap angin lalu. Padahal, tidur malam cukup dan berkualitas bermanfaat untuk kesehatan mental.

Apa Saja manfaat tidur malam yang cukup dan berkualitas?

1. Mempertajam daya konsentrasi

Dilansir oleh laman yang dibuat oleh Victorian Government Department of Health and Human Services, SuicideLine Victoria, dikemukakan bahwa semakin Anda lelah maka semakin sulit bagi Anda untuk berkonsentrasi pada sesuatu.

Kurang tidur bisa membuat kita sulit fokus dan menerima informasi dengan tepat. Nah, sebaliknya jika cukup istirahat dan tidur, pikiran jadi lebih jernih dan fokus lebih tajam.

2. Meningkatkan memori
Terdapat tiga tahapan dalam pembentukan memori, yaitu akuisisi, konsolidasi, dan mengingat. Akuisisi, ketika informs diperkenalkan ke otak Anda. Sedangkan konsolidasi adalah saat memori diperkuat.

Nah, mengingat adalah ketika memori yang disimpan bisa diakses kembali. Akuisisi dan memori terjadi saat kita terjaga, dan konsolidasi terjadi saat kita tertidur.

Jadi ketika tertidur, otak akan mengkonsolidasikan dan mengatur memori sehingga besok atau seterusnya bisa diakses kembali.

3. Menurunkan stres

Bukan rahasia umum lagi jika stres bisa memengaruhi dan atau dipengaruhi oleh kurangnya tidur. Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana hal kecil lebih mengganggu Anda jika kurang tidur pada malam sebelumnya?

Para peneliti mencatat bahwa kurang tidur bisa membuat seseorang mudah tersinggung, bereaksi negatif terhadap gangguan, dan interupsi kecil.
Sebuah survei yang dilakukan American Psychological Association, melaporkan bahwa orang dewsa yang tidur kurang dari delapan jam semalam lebih mungkin mengalami stres daripada mereka yang tidur delapan jam.

4. Meningkatkan suasana hati

Dilansir Better Health Channel, Jumat, 6 Agustus, studi menunjukkan orang yang kurang tidur melaporkan peningkatan suasana negatif. Mudah marah, sedih, hingga gejala swing mood.

Bagi orang dewasa, tidur malam berkualitas rata-rata selama 7-8 jam, kontinu, dan nyenyak. Maka untuk meningkatkan suasana hati, kesehatan mental, dan fisik tetap terjaga, dapatkan tidur berkualitas setiap malamnya.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 4 Manfaat Tidur Malam yang Berkualitas untuk Kesehatan Mental

Selain Penyebab Penyakit Mental, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!