Waspada Penyakit yang Ditimbulkan Akibat Sering Tidur Siang
Ilustrasi (Vlada Karpovich/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Tidur adalah aktifitas penting penunjang kesehatan tubuh. Apabila Anda telat tidur malam waspadai dampak negatif kebiasaan tersebut.

Tidur siang bisa menyebabkan beberapa penyakit, salah satunya penyakit jantung. Dampak negatif ini tentu bisa terjadi kalau Anda tidur siang dengan waktu yang lama.

Hasil penelitian dari University of Tokyo pun membuktikan ada tiga risiko utama dari durasi tidur siang yang terlalu panjang. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak penjelasan berikut dilansir dari HerStory, Selasa, 21 September.

3 Penyakit yang Ditimbulkan Akibat Sering Tidur Siang

  1. Diabetes tipe 2

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa memang terlalu lama tidur siang atau sering merasa ngantuk di siang hari berhubungan dengan diabetes tipe 2.

Tidur siang lebih dari 1 jam akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 46%, sedangkan bila Anda selalu merasa sangat lelah di siang hari, risiko terkena diabetes tipe 2 meningkat hingga 56%. Hasil penelitian ini sudah dipresentasikan di Annual Meeting of the European Association for the Study of Diabetes tahun 2015 lalu.

  1. Sindrom metabolik

Hasil dari penelitian yang dipresentasikan di American College of Cardiology’s 65th Annual Scientific Session ini menunjukkan bahwa terlalu lama tidur siang berhubungan dengan meningkatnya risiko sindrom metabolik. Tidur siang kurang dari 40 menit tidak menyebabkan meningkatnya risiko terkena sindrom metabolik. Akan tetapi, risiko mulai meningkat bila orang tersebut tidur siang lebih dari 40 menit.

Faktanya, orang yang tidur siang selama 1,5-3 jam memiliki kenaikan risiko terkena sindrom metabolik hingga 50%. Menariknya, peneliti melihat bahwa risiko dari sindrom metabolik ini menurun jika waktu tidur siang orang tersebut kurang dari 30 menit.

  1. Penyakit jantung

Para peneliti juga menunjukkan hasil bahwa tidur siang lebih dari 1 jam akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung sebanyak 82, meningkatkan risiko kematian 27% .

Berapa lama waktu tidur siang terbaik?

Tidur siang dalam jangka waktu sebentar memang memberikan efek yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, sampai sekarang belum diketahui apa mekanisme yang membuat tidur siang itu bermanfaat.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur siang maksimal 40 menit tidak menunjukkan peningkatan terhadap risiko terkena sindrom metabolik, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Lebih lanjut, risiko semakin menurun bila tidur siang tidak lebih dari 30 menit.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Tidak Selalu Baik, Ini Dampak Negatif Jika Anda Sering Tidur Siang

Selain Penyakit yang Ditimbulkan Akibat Sering Tidur Siang, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!