Facebook Ganti Nama, Apakah Bangkrut?
Facebook berencana bentuk perusahaan induk (Sumber: FastCompany)

Bagikan:

MEDAN - Platform media sosial raksasa Facebook dikabarkan akan segera mengganti nama perusahaan. Lantas apa faktor yang melatarbelakangi penggantian nama Facebook? Apa karena merugi?

Di luar dugaan, alasan Facebook menganti nama adalah untuk berfokus pada pengembangan metaverse. Bos Facebook, Mark Zuckerberg rencananya akan menyampaikan pergantian nama perusahaan.

Mark akan menyampaikan perubahan nama perusahaannya dalam konferensi tahunan Connect yang bakal diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober mendatang.

Facebook Diharapkan Tidak Dikenal Hanya Media Sosial

The Verge melaporkan bahwa rencana tersebut kemungkinan akan disampaikan dalam waktu yang lebih cepat. Ini dimaksudkan untuk menandakan spirit perusahaan supaya tidak hanya dikenal sebagai perusahaan media sosial saja.

Pergantian merek akan menempatkan platform media sosial Facebook sebagai salah satu dari berbagai produk lain yang berada di bawah naungan perusahaan induk. Perusahaan juga akan mengawasi platform lain seperti Intagram, WhatsApp, Oculus dan sebagainya. Namun pihak Facebook belum mengomentari hal ini.

Hingga kini, Facebook telah mempekerjakan sebanyak 10.000 karyawan untuk pengembangan kacamata Augmented Reality (AR). Zuckerberg sendiri menilai bahwa kacamata AR akan menggantikan posisi smartphone dalam beberapa waktu mendatang.

“Dalam beberapa tahun ke depan, kami akan secara efektif bertransisi dari orang-orang yang melihat kami sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan meteverse,” papar CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam sebuah pernyataan pada bulan Juli lalu.

Selain itu, perubahan citra Facebook juga ditujukan untuk memisahkan fokus pengembangan perangkat futuristik seperti kacamata AR Oculus dari platform media sosialnya.

Mantan karyawan Facebook dan juga seorang whistleblower, Frances Haugen baru-baru ini membocorkan informasi mengenai sejumlah dokumen penting perusahaan yang memberatkan The Wall Street Journal . Haugen juga memberikan kesaksian terkait hal tersebut di hadapan kongres.

Selain Facebook, perusahaan raksasa teknologi lain seperti Google juga telah melakukan restrukturisasi dengan membikin perusahaan induk Alphabet pada tahun 2015. Ini menjadikan Google berada di bawah naungan Alphabet.

Snapchat juga telah mengubah nama perusahaan menjadi Snap Inc. pada tahun berikutnya. Snap Inc. juga mengembangkan kacamata futuristik bernama Spectacles. Meski begitu, Facebook masih merahasiakan nama baru bagi perusahaan induknya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Facebook Akan Ganti Nama, Siap Bikin Perusahaan Induk Baru?

Selain Facebook Ganti Nama, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!