Soal Dana Infrastruktur, Bobby Nasution Minta agar Terserap Maksimal
Wali Kota Medan Bobby Nasution memantau langsung pemasangan drainase beton di Medan, Rabu (9/12/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Terkait dengan dana infrastruktur, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution meminta agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat bekerja lebih maksimal. Adapun dana infrastruktur Kota Medan sebesar Rp1 triliun yang diharapkan dapat terserap secara optimal pada 2022.

"Tak ada alasan bagi Dinas PU untuk tidak bekerja dengan baik dan maksimal sebab anggaran pembenahan infrastruktur di APBD 2022 telah ditambah menjadi Rp1 triliun lebih," katanya di Medan, dilansir dari Antara.

Seluruh jajaran Dinas PU Kota Medan harus mampu menyerap anggaran infrastruktur untuk berbagai kebutuhan, termasuk perbaikan jalan rusak dan drainase, sebesar 90 persen hingga akhir 2022, kata Bobby.

Bobby Nasution Tidak Ingin Penggunaan Dana Dibawah 90 Persen

Dia menegaskan dirinya tidak ingin realisasi penggunaan anggaran tersebut di bawah 90 persen karena tidak optimalnya penyerapan anggaran menjadi salah satu alasan tidak maksimalnya perbaikan jalan dan drainase kota.

"Anggaran sudah kita tambah. Jadi perbaikan infrastruktur tahun depan harus maksimal," tegas Bobby.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PU Kota Medan Ferry Ichsan mengatakan alokasi anggaran infrastruktur dalam APBD 2022 mencapai Rp1 triliun lebih.

Dari total anggaran tersebut, Rp540 miliar di antaranya dialokasikan untuk perbaikan drainase, dan Rp300 miliar untuk perbaikan jalan sedangkan sisanya akan digunakan untuk program bidang jasa konstruksi lain, dan program penunjang infrastruktur lain, katanya.

"Kita percepat proses pengadaan, selain pembenahan infrastruktur. Ini demi mempercepat pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur untuk kenyamanan masyarakat Kota Medan," katanya.

Lingkup pengerjaan infrastruktur jalan dan drainase ini meliputi 21 kecamatan hingga tingkat lingkungan, kata Ferry menambahkan.

Selain Bobby Nasution, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!