Stok Bitcoin Dunia Tinggal 10 Persen yang Belum Ditambang
Tambang bitcoin semakin menipis jumlahnya. (foto; pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Bitcoin (BTC) yang beredar mencapai tonggak penting pada Senin, 20 Desember, pagi, satu setengah tahun setelah Bitcoin terakhir berkurang separuh. Saat ini 90% dari total pasokan maksimum telah ditambang.

Data terkini dari Blockchain.com menunjukkan Bitcoin yang beredar mencapai 18.899 juta pada hari Senin, yang berarti hanya 10% dari total pasokan yang tersisa untuk ditambang. Sementara 90% BTC pertama membutuhkan waktu sekitar 12 tahun untuk menambang, sisanya akan memakan waktu sedikit lebih lama.

Bitcoin memiliki batas maksimum 21 juta koin yang ditetapkan oleh pencipta anonimnya Satoshi Nakamoto. Batasan ini ditulis dalam kode sumber Bitcoin dan diberlakukan oleh node jaringan. Batasan keras pada Bitcoin sangat penting untuk proposisi nilainya sebagai mata uang dan alat investasi.

Stok Bitcoin Dunia Butuh 119 Tahun Menambang

Seperti yang dirinci oleh Cointelegraph, akan memakan waktu 119 tahun dari sekarang untuk menyelesaikan proses penambangan Bitcoin karena tingkat produksi Bitcoin baru dipotong setengahnya setiap empat tahun dalam eksekusi protokol yang telah ditentukan sebelumnya, juga dikenal sebagai separuh Bitcoin.

Karena blockchain Bitcoin hanya membuat BTC baru sebagai hadiah bagi penambang yang memverifikasi blok baru, pengurangan separuh memastikan lebih sedikit Bitcoin yang diproduksi karena total pasokan yang beredar meningkat.

Sejak Mei 2020, penambang telah mendapatkan 6,25 Bitcoin untuk setiap blok baru yang diverifikasi. Tingkat ini akan turun menjadi 3,125 BTC per blok di separuh berikutnya pada tahun 2024.

Pada tahun 2040, hadiah blok akan berkurang menjadi kurang dari 0,2 BTC dan hanya 80.000 Bitcoin dari 21 juta yang tersisa untuk diperebutkan. Bitcoin terakhir akan memakan waktu hampir 40 tahun untuk ditambang.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Buruan Tambang! Pasokan Bitcoin Dunia Tinggal 10 Persen

Selain Stok Bitcoin Dunia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!