Kabar Bitcoin Hari Ini: Para Penambang Siap-Siap Untung Besar
Kini penambangan bitcoin menjadi lebih mudah karena pemerintah China menindak penambang bitcoin dinegeranya. (foto: Brian Wangenheim/unspalsh)

Bagikan:

MEDAN - Dunia telah mengetahui selama berbulan-bulan bahwa lebih dari separuh penambang bitcoin dunia akan menghilang. Ini disebabkan pemerintah China mulai menindak penambangan itu.

Setelah hal itu terjadi, algoritme bitcoin pun telah disesuaikan untuk memastikan produktivitas penambang tidak terus menurun. Penyesuaian itu, yang mulai berlaku Sabtu 3 Juli, bisa berarti bahwa kini lebih banyak uang mengalir ke penambang bitcoin yang tetap online.

Kebijakan China soal Penambang Bitcoin

“Ini akan menjadi pesta pendapatan bagi para penambang. Mereka tiba-tiba memiliki sepotong kue yang lebih besar, yang berarti mereka mendapatkan lebih banyak bitcoin setiap hari,” kata insinyur penambangan bitcoin, Brandon Arvanaghi.

Penambang bitcoin biasanya menjalankan program di komputer untuk mencoba memecahkan teka-teki sebelum orang lain melakukannya. Memecahkan teka-teki itulah yang melengkapi satu blok, sebuah proses yang menciptakan bitcoin baru dan memperbarui buku besar digital yang melacak semua transaksi bitcoin.

China telah lama menjadi pusat penambangan bitcoin. Menurut perkiraan bahwa 65% hingga 75% dari penambangan bitcoin dunia terjadi di China. Akan, tetapi tindakan keras yang dilakukan pemerintah China, telah mengusir penambang kripto negara itu.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah jaringan bitcoin, kami menghentikan penambangan sepenuhnya di wilayah geografis yang ditargetkan yang mempengaruhi lebih dari 50% jaringan,” kata Darin Feinstein, pendiri Blockcap dan Core Scientific.

Lebih dari 50% dari hashrate, kekuatan komputasi kolektif penambang di seluruh dunia, kini telah turun dari jaringan sejak puncak pasarnya pada bulan Mei 2021.

Lebih sedikit orang yang menambang, maka  berarti lebih sedikit blok yang diselesaikan setiap hari. Biasanya, dibutuhkan sekitar 10 menit untuk menyelesaikan satu blok, tetapi Feinstein mengatakan kepada CNBC bahwa jaringan bitcoin telah melambat menjadi 14 hingga 19 menit waktu blok.

Pada hari Sabtu, kode bitcoin secara otomatis membuatnya sekitar 28% lebih mudah untuk ditambang. Ini merupakan– penurunan jaringan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut Mike Colyer, CEO perusahaan mata uang digital Foundry,  Algoritme bitcoin diprogram untuk menangani peningkatan atau penurunan mesin penambangan. “Ini adalah pasar yang mengatur diri sendiri yang tidak memerlukan komite luar untuk menentukan apa yang harus dilakukan. Ini adalah konsep yang sangat kuat,” kata Colyer.

Lebih sedikit pesaing dan lebih sedikit kesulitan berarti bahwa setiap penambang dengan mesin terpasang akan mendapatkan peningkatan profitabilitas yang signifikan dan pendapatan yang lebih dapat diprediksi.

“Semua penambang bitcoin berbagi dalam ekonomi yang sama dan menambang di jaringan yang sama, sehingga penambang baik publik maupun swasta akan melihat peningkatan pendapatan,” kata Kevin Zhang, mantan Chief Mining Officer di Greenridge Generation, pembangkit listrik besar pertama di AS yang mulai menambang dalam skala besar.

Dengan asumsi biaya daya tetap, Zhang memperkirakan pendapatan 29 per dolar AS hari untuk mereka yang menggunakan penambang Bitmain generasi terbaru. Sebelumnya diperkirakan hanya 22 per dolar AS hari.

Dalam jangka panjang, meskipun pendapatan penambang dapat berfluktuasi dengan harga koin, Zhang juga mencatat bahwa pendapatan penambangan turun hanya 17% dari puncak harga bitcoin pada bulan April, sedangkan harga koin telah turun sekitar 50%.

“Kami mengharapkan periode profitabilitas penambangan yang jauh lebih tinggi untuk klien Compass Mining. Kami mengharapkan penambangan menjadi sekitar 35% lebih menguntungkan,” kata Whit Gibbs, CEO dan pendiri Compass, penyedia layanan penambangan bitcoin.

Penurunan kesulitan menambang  bitcoin ini telah menguntungkan semua penambang. Apalagi mereka yang menggunakan peralatan generasi baru paling diuntungkan.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Siap-Siap Untung Besar, Penambangan Bitcoin Jadi Lebih Mudah dan Menguntungkan

Selain kabar Bitcoin hari ini, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!