Soal Pilpres 2024, Peneliti: Harus Tepat Pilih Calon Wakil Presiden
Peneliti Senior Pusat Riset Politik Badan Inovasi dan Riset Nasional (BRIN) Firman Noor (kiri) dalam diskusi publik (ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Pemilihan figur calon wakil presiden (cawapres) akan sangat memengaruhi elektabilitas calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal tersebut dijelaskan Peneliti Senior Pusat Riset Politik Badan Inovasi dan Riset Nasional (BRIN) Firman Noor.

"Kesalahan memilih figur cawapres akan menurunkan elektabilitas bagi sosok yang sebetulnya potensial,” kata Firman dalam diskusi “INDONESIA POLITICAL OUTLOOK: Proyeksi Demokrasi dan Dinamika Politik 2022” yang disiarkan di kanal YouTube Pusat Riset Politik-BRIN dilansir dari Antara.

Sosok Cawapres Ideal di Pemilu 2024

Di sisi lain, tuturnya, sosok yang sebetulnya mediocre atau yang biasa-biasa saja tetapi memiliki figur wapres yang mumpuni dapat memiliki kesempatan untuk memenangi pemilihan umum (pemilu) lebih besar. Malah, mendapatkan banyak keuntungan dari pilihan cawapresnya.

Firman menyampaikan bahwa terdapat tiga nama teratas bursa kandidat calon presiden pada Pemilu 2024. Adapun nama-nama tersebut adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

“Banyak sekali nama-nama yang sudah berseliweran, tetapi yang cukup konsisten untuk ada di tiga teratas adalah Ganjar, Prabowo, dan Anies,” kata dia.

Akan terjadi persaingan manuver antarpartai politik yang semakin sengit pada 2022, mengingat pada September 2023 akan ada penetapan nama-nama calon presiden dan calon wakil presiden.

Berdasarkan tren yang berlangsung, para tokoh partai berlomba untuk memperkuat elektabilitas dan popularitas ketokohan, bukan ideologis.

Tendensi ini dapat dilihat dari beberapa tokoh partai, seperti Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, yang sudah mulai membuat vlog untuk menaikkan popularitas.

“Airlangga (Ketua Umum Partai Golkar, red.) sudah ke mana-mana. Puan (politikus PDI Perjuangan, red.) gambarnya sudah ada di mana-mana. Sudah mulai membangun jaringan dan relawan,” kata dia.

Dia mengatakan bahwa akan ada pergerakan atau manuver politik terkait dengan pendirian partai baru dan pendaftaran partai. Jumlah partai di Indonesia, tutur dia, tidak kunjung berkurang.

“Indonesia sebenarnya susah untuk menjadi negara dengan partai yang sedikit karena masih ada partai dan cukup banyak. Contohnya, Partai Gelora, PKN, Prima, Partai Buruh, Partai Rakyat, dan lain sebagainya,” tutur Firman.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Prabowo, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Harus Tahu, Sosok Cawapres Pengaruhi Elektabilitas Capres di Pemilu 2024

Selain Pilpres 2024, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!