Viral Penumpang Medan Ngamuk di Bandara Kualanamu, Gara-Gara Bela Ini
Kordinator KKP Bandara Kualanamu dr Jimmy Mauluddi pakai baju biru (Rahmat Hidayat)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini viral salah seorang penumpang asal Medan Sumatera Utara tujuan Jakarta yang mengamuk di Bandara Kualanamu, karena membela rombongan tak sesuai syarat penerbangan.

Hal itu disampaikan Kordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Kualanamu dr Jimmy Mauluddi menjawab ANTARA ditanya terkait video viral penumpang mengamuk beberapa waktu lalu.

"Penumpang yang marah-marah dinyatakan layak terbang. Karena ia pakai hasil negatif antigen vaksin dosis II. Oleh karenanya, berkas syarat penerbangan tidak diperiksa," ujar Jimmy, Senin (7/2).

Penumpang memaksa Terbang

Namun, lanjut Jimmy penumpang tersebut memaksa keempat orang yang bersamanya harus bisa terbang tujuan Jakarta dengan menggunakan vaksin dosis I hasil negatif antigen.

"Syarat penerbangan dimiliki keempat orang itu tentu bertentangan dengan aturan dari Surat Edaran Menteri Perhubungan No 96/2021. Di mana, hasil negatif antigen 1x24 jam dapat dipergunakan bila sudah divaksin dosis II. Sedangkan vaksin dosis I wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR 3x24 jam," terangnya.

Begitupun, sebut Jimmy pihaknya memfasilitasi empat penumpang tersebut melakukan koordinasi dengan maskapai Lion Air.

"Keempat orang sudah diberangkatkan dengan pesawat Batik Air ID 6891 setelah sebelumnya melakukan tes RT-PCR di Bandara Kualanamu. Begitu juga dengan seorang penumpang itu," sebutnya.

Sementara Manager Branch Communication & Legal Bandara Kualanamu Chandra menyampaikan PT Angkasa Pura II sebagai operator Bandara dan KKP dalam hal ini sebagai validator dokumen kesehatan sudah menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami bersama komunitas yang ada di Bandara terus melalukan updating/sosialiasi terkait aturan syarat perjalanan orang dalam negeri menggunakan transportasi pesawat udara di masa pandemi," ujarnya.

Dengan demikian, kepada masyarakat yang hendak menggunakan moda transportasi pesawat udara diimbau menaati peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Syarat perjalanan aturannya sangat dinamis mengingat kondisi pandemi yang masih belum reda," pungkasnya.

Sebelumnya, salah seorang penumpang asal Medan tujuan Jakarta mengamuk di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara, Sabtu (5/2).

Aksi marah-marah penumpang tersebut viral di media sosial. Belakangan diketahui kemarahan penumpang, karena membela empat orang yang bersamanya hendak terbang tujuan Jakarta yang hanya pakai hasil antigen vaksin dosis I.

Selain Penumpang Medan Ngamuk di Bandara Kualanamu, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!