Kampung Bahari Nusantara Dapat Dukungan dari Pemkab Sergai
Bupati Sergai darma WIjaya saat menerima audiensi Lantamal I Belawan (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, mendukung rencana Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan yang akan membuat Kampung Bahari Nusantara karena dinilai akan sangat bermanfaat untuk pengembangan wisata di daerah itu.

Bupati Sergai, Darma Wijaya di Seirmapah, Rabu, mengatakan, pihaknya sangat mendukung rencana Lantamal I Belawan yang akan membuat Kampung Bahari Nusantara di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin.

BACA JUGA:


Sergai, Kabupaten Baru di Sumatera Utara

"Meski tergolong sebagai kabupaten yang masih berusia muda, namun Sergai dianugerahi dengan kekayaan dan potensi yang luar biasa, termasuk dalam aspek sumber daya alam dan pariwisata," katanya.

Bupati menceritakan, beberapa waktu yang lalu Pemkab Sergai mengundang seluruh kepala daerah se-Sumatera Utara untuk menjajal dan menikmati berbagai atraksi wisata yang ada di Sergai seperti arung jeram, off-road, wisata kuliner.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Lantamal I Belawan yang sudah meringankan langkah hadir kemari dengan membawa rencana yang sangat baik untuk memaksimalkan potensi pariwisata yang ada di Sergai," katanya.

Kehadiran pihak Lantamal yang membawa “oleh-oleh” rencana pengelolaan potensi pariwisata itu, kata dia, sejalan dengan komitmen Pemkab Sergai yang saat ini juga sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan di berbagai sektor, meski di tengah usaha percepatan penanganan pandemi.

Bagi Bupati, kolaborasi dan sinergitas keinginan kedua pihak untuk memajukan Sergai akan berdampak sangat luar biasa ke depannya.

"Banyak aspek yang bisa kita gali lagi dari rencana ini, seperti peningkatan kualitas SDM, UMKM, kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Dengan niatan dan kemauan yang tinggi, Insya Allah rencana ini bisa terealisasi dengan baik," katanya.

Sebelumnya, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama Achmad Wibisono, menyampaikan jika rencana itu bertujuan untuk mendukung pengembangan kawasan wisata yang ada di Sergai khususnya di wilayah pesisir Sergai.

"Tentunya untuk mewujudkan hal ini diperlukan persiapan dan pembenahan yang matang. Mulai dari mempersiapkan SDM yang kompeten, melaksanakan edukasi, meningkatkan aspek kesehatan dan ini juga akan berdampak terhadap pertahanan negara mengingat Kecamatan Tanjung Beringin memiliki koneksi dengan salah satu Pulau Terluar di Indonesia yaitu Pulau Berhala," katanya.

Selain Kampung Bahari Nusantara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!