Facebook dan Twitter Diblokir di Rusia, Fix! Gara-Gara Apa?
Raksasa media sosial asal AS, kinitelah diblokir di Rusia. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Roskomnadzor (Regulator komunikasi Rusia) pada Jumat 4 Februari mengumumkan bahwa mereka telah memblokir platform media sosial Facebook, milik Meta Platforms Inc dan Twitter.

Keputusan Roskomnadzor dilakukan sebagai tanggapan atas pembatasan akses ke media Rusia di platform media sosial asal AS tersebut, dalam beberapa hari terakhir.

Perlu diketahui, Roskomnadzor mengatakan ada 26 kasus diskriminasi terhadap media Rusia oleh Facebook sejak Oktober 2020. Ini, termasuk pembatasan dalam beberapa hari terakhir pada saluran yang didukung negara seperti, RT dan kantor berita RIA.

Langkah ini merupakan eskalasi besar dalam konfrontasi yang sedang berlangsung antara perusahaan teknologi besar (Big Tech) dan Rusia, yang dalam beberapa tahun terakhir mengeluarkan banyak denda dan layanan tertatih-tatih melalui perlambatan kecepatan.

Ketegangan meningkat di tengah invasi Rusia ke Ukraina

Kantor berita Tass melaporkan pada Jumat lalu, bahwa Rusia telah membatasi akses ke Twitter. Bahkan kantor berita Interfax sebelumnya mengatakan layanan Twitter telah diblokir. Twitter Inc tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pemblokiran itu.

Sementara Kepala urusan global Meta, Nick Clegg, mengatakan perusahaan akan terus melakukan segala cara untuk memulihkan layanannya di Rusia.

“Segera jutaan orang Rusia akan segera menemukan diri mereka terputus dari informasi yang dapat dipercaya, kehilangan cara sehari-hari mereka berhubungan dengan keluarga dan teman-teman dan dibungkam untuk berbicara,” katanya, dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter.

Meta dalam sebuah blog mengatakan sedang berusaha untuk menjaga layanannya tersedia "sejauh mungkin" di Rusia. Akan tetapi mereka telah berhenti menampilkan iklan kepada pengguna di Rusia dan melarang pengiklan dari Rusia menjalankan iklan di mana pun di dunia "karena kesulitan beroperasi di Rusia pada saat ini."

Perusahaan teknologi seperti Google Alphabet Inc juga telah menghentikan sementara iklan di Rusia di tengah meningkatnya tuntutan sensor.

Pekan lalu, Moskow mengatakan sebagian membatasi akses ke Facebook, sebuah langkah yang dikatakan perusahaan itu terjadi setelah menolak permintaan pemerintah untuk menghentikan pemeriksaan fakta independen dari beberapa media pemerintah Rusia. Pada Sabtu lalu, Twitter juga mengatakan layanannya dibatasi untuk beberapa pengguna Rusia.

Perusahaan teknologi besar juga telah menghadapi tekanan untuk menanggapi invasi 24 Februari, yang telah menyebabkan sanksi ekonomi terhadap Moskow oleh pemerintah di seluruh dunia. Media yang dikelola pemerintah Rusia telah muncul sebagai titik nyala utama antara Moskow dan platform media sosial selama konflik.

Meta minggu ini mengatakan telah membatasi akses ke RT dan Sputnik di seluruh Uni Eropa dan secara global menurunkan konten dari halaman Facebook dan akun Instagram outlet media yang dikendalikan oleh pemerintah Rusia, serta posting yang berisi tautan ke outlet tersebut di Facebook.

Rusia telah melakukan beberapa langkah untuk menindak media berita asing dalam beberapa hari terakhir. Kebijakan ini seperti memotong akses ke beberapa situs web organisasi berita, termasuk BBC, Voice of America dan Radio Free Europe/Radio Liberty karena menyebarkan informasi yang menurut Rusia dianggap palsu tentang tindakannya di Ukraina.

Pemerintah Ukraina sendiri juga telah meminta Meta dan platform lainnya selama konflik untuk menarik layanan mereka dari Rusia. Pakar pidato online dan pembela hak telah menyuarakan keprihatinan tentang dampak pemblokiran layanan online bagi warga Rusia yang mencoba mengatur atau mendapatkan informasi.

Meta memiliki sekitar 7,5 juta pengguna di Facebook di Rusia pada tahun lalu dan 122,2 juta pengguna di seluruh layanan lainnya, termasuk Instagram, WhatsApp, dan Messenger, menurut perkiraan dari Insider Intelligence. Jaringan sosial terkemuka yang berbasis di Rusia, VK, memiliki 63 juta pengguna, menurut perkiraan peneliti.

Menurut data dari peneliti AppFigures, aplikasi VPN populer telah diunduh lebih dari 1,3 juta kali di Rusia sejak invasinya ke Ukraina dimulai. Ini menggambarkan angka tersebut sebagai lonjakan besar.

Meta juga merupakan salah satu dari beberapa perusahaan teknologi yang menghadapi kemungkinan tindakan hukuman di Rusia setelah mereka gagal membuka kantor lokal dan mengambil tindakan lain yang disyaratkan oleh undang-undang komunikasi yang disahkan musim panas ini.

Perusahaan teknologi secara global telah menarik diri dari Rusia sebagai tanggapan atas permintaan dari pemerintah atau untuk memberi sinyal dukungan bagi Ukraina. Penyedia internet AS, Cogent Communications, mengatakan pada Jumat lalu bahwa pihaknya memotong layanan internet ke klien Rusia.

Awal pekan ini, raksasa perangkat lunak bisnis Oracle Corp juga mengatakan pihaknya menangguhkan semua operasi di Rusia, sementara saingannya SAP SE mengatakan akan menghentikan sementara semua penjualan di negara tersebut. Seorang pejabat pemerintah Ukraina telah mentweet di kedua perusahaan untuk meminta dukungan.

Roskomnadzor mengatakan dalam pernyataannya bahwa Meta telah membatasi akses ke akun outlet berita yang didukung negara dalam beberapa hari terakhir. Media Rusia yang dibatasi aksesnya adalah RT, Sputnik, kantor berita RIA, Zvezda TV kementerian pertahanan dan situs gazeta.ru dan lenta.ru.

Dikatakan pembatasan tersebut melanggar prinsip-prinsip utama kebebasan informasi dan akses tanpa hambatan pengguna internet Rusia ke media Rusia.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Roskomnadzor Blokir Facebook dan Twitter Karena Membatasi Akses Media Rusia

Selain Facebook dan Twitter Diblokir di Rusia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!