COVID-19 di Indonesia Menurut atau Melonjak Sebenarnya?
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini Kementerian Kesehatan menyatakan situasi terkini COVID-19 secara nasional tren kasusnya sudah mengalami penurunan.

Klaim tersebut disampaikan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono saat konferensi pers yang dipantau melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 7 Maret.

"Angka reproduktif virus sudah menurun di setiap pulau besar di Indonesia. Tetapi ada 5 provinsi yang trennya masih sedikit meningkat yaitu di Aceh, NTT Sulteng, Gorontalo dan Kalimantan Utara," ujar Dante.

Kasus COVID-19 Menurun di Indonesia

Dante juga menyampaikan, jumlah perawatan nasional di rumah sakit terus menerus menurun. Dikatakannya, 60 persen yang dirawat saat ini tidak bergejala atau bergejala ringan.

"Jadi sebagian besar kasus yang dirawat adalah kasus yang tidak memerlukan perawatan secara klinis medis," katanya.

Kemudian, lanjut Dante, 50 persen kematian di rumah sakit dikarenakan pasien COVID-19 yang mengalami komorbid berat sebelumnya. Separuh dari yang meninggal terutama berusia lansia dan belum mendapatkan vaksinasi lengkap.

"Jadi tidak semuanya pasien meninggal karena COVID-19 tetapi ada juga yang meninggal dengan COVID-19," jelasnya.

Dante menjelaskan, hasil audit kematian di rumah sakit menunjukkan kasus meninggal tersebut adalah lansia dengan komorbid diabetes, hipertensi dan gagal ginjal.

Sementara terkait vaksinasi, lebih dari 54 persen penduduk Indonesia sudah menerima vaksinasi lengkap. Kebijakan vaksinasi booster sudah Kemenkes revisi. Di mana awalnya, vaksin booster diberikan 6 bulan setelah vaksinasi kedua, sekarang sudah direvisi tiga bulan sesudah vaksinasi kedua.

"Diharapkan bisa terjadi herd immunity di masyarakat. Komunikasi publik juga terus dilakukan sehingga masyarakat tidak memilih milih vaksin dan vaksin yang terbaik adalah vaksin yang paling cepat kita dapatkan," kata Dante.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Wamenkes: Tren COVID-19 Secara Nasional Sudah Menurun

Selain COVID-19 di Indonesia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!