Banjir di Kelurahan Binjai, Ini Solusi Bobby Nasution
Wali Kota Medan Bobby Nasution mendengarkan keluhan warga di Kelurahan Binjai, Medan, Sabtu (12/3/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk memperbaiki sistem drainase guna mengatasi banjir di Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai.

"Segera lakukan penanganan, ya pak. Kasihan warga. Identifikasi masalah agar penanganan tepat sasaran. Dibuatkan saja drainase baru," kata Bobby di Medan, dilansir dari Antara.

Bobby Telah Meninjai Banjir di Keluarahan Binjai

Hal ini ditegaskan Bobby kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) IV Dinas Pekerjaan Umum Wilayah Medan Kota Dhani Wardhana ketika menggelar Program Sapa Lingkungan (Saling) di Kelurahan Binjai.

Pihaknya telah meninjau penyebab terjadinya banjir saat hujan deras turun di wilayah ini, di antaranya Gang Mestika maupun Gang Purnama di Jalan Pelajar.

Wali kota mengatakan banjir di kedua gang ini akibat penyumbatan. Bahkan kondisi drainase kini tertutup tanah sehingga tidak mengalirkan air dan diperparah letak kedua gang ini di kawasan cekungan.

"Pengerjaan drainase yang dilakukan nanti harus sesuai kondisi wilayah ini. Saya minta pengerjaan drainase cepat dilakukan," tegas Bobby setelah melihat peta wilayah.

Kepala UPT IV Dinas Pekerjaan Umum Wilayah Medan Kota Dhani Wardhana mengatakan pihaknya segera menindaklanjuti instruksi Wali Kota Medan dengan membuat perencanaan drainase.

"Perencanaan diikuti dengan pembuatan drainase baru. Pembuangan air nantinya diteruskan langsung ke parit sulang saling di Jalan Anugerah Mataram," terang dia.

Suratmi (55), warga Kelurahan Binjai mengaku setiap kali hujan deras, kawasan mereka selalu tergenang dan bahkan hingga merendam rumah penduduk mencapai satu meter.

"Ketinggian air sampai sepinggang orang dewasa, semua peralatan rumah tangga kami ikut terendam air. Tolonglah atasi banjir ini," ungkapnya.

Selain Banjir di Kelurahan Binjai, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!