100 Pelaku UMKM di Kabupaten Dairi Dapat Pelatihan dari Pemkab
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dairi, Aryanto Tinambunan saat membuka pelatihan Digital Entrepreueurship kepada 100 pelaku UMKM di Kabupaten Dairi. (ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Pemkab Dairi, Sumatera Utara, bersama Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan memberikan pelatihan Digital Entrepreueurship kepada 100 pelaku UMKM di Kabupaten Dairi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dairi Aryanto Tinambunan, di Sidikalang, Rabu, menyambut baik pelaksanaan kegiatan Digital Enterpreneurship Academy kepada pelaku usaha UMKM di Dairi.

UMKM jadi Sektor Penting bagi Ekonomi

Dikatakannya UMKM menjadi salah satu sektor penting bagi ekonomi bahkan di seluruh penjuru dunia saat ini, namun masih sedikit yang masuk dalam ekosistem ekonomi digital.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Dairi sangat mendukung program kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan keterampilan serta pengetahuan guna mengembangkan ekonomi UMKM berbasis teknologi digital.

Saat ini digital enterpreneur menandai perkembangan teknologi informasi digital yang sangat pesat, termasuk juga dalam dunia usaha kecil menengah dan mikro dituntut untuk memiliki keterampilan berbasis digital.

Bukan hanya di Indonesia tetapi seluruh dunia saat ini melakukan hal yang sama.

"Saya berharap warga Dairi terkhusus pelaku usaha UMKM agar memanfaatkan kesempatan yang baik ini, Mudah mudahan UMKM Dairi bisa maju dan sejahtera serta meningkatkan ekosistem ekonomi digital," katanya.

Baca juga: Bupati Eddy Berutu buka MTQ Nasional tingkat Dairi

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Ibrar Samekto, mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam beberapa tahun terakhir sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur komunikasi dan melakukan peningkatan literasi digital.

"Dairi sudah melaksanakan serangkaian kegiatan digital enterpreneur academy yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memanfaatkan inovasi berbasis teknologi para pelaku pelaku usaha di Dairi ini," katanya.

Irbar Samekto mengatakan bahwa program pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang digelar saat ini sebagai usaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi internet dan platform e-commerce dalam memasarkan hasil usahanya secara lebih luas lagi.

"UMKM itu sangatlah kuat. Dari mikro menjadi makro ekonomi. Nah dengan keterampilan basis teknologi kita bisa mengembangkan usaha kita, karena kita sudah bisa memasarkan produk kita kepada konsumen selama 24 jam tanpa harus ditunggui dengan adanya digital marketing," katanya.

Selain UMKM di Kabupaten Dairi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!