Produk Lokal Toba Dapat Dukungan dari Dekranasda
Pemeran UMKM produk unggulan Toba (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Toba, Sumatera Utara, terus berupaya mempromosikan berbagai produk unggulan daerah agar lebih dikenal masyarakat luas yang berdampak pada peningkatan perekonomian lokal.

Ketua Dekranasda Toba, Rita Marlina Poltak Sitorus, di Pangururan, Kamis, mengatakan saat ini Kabupaten Toba mempunyai banyak produk unggulan seperti kopi, jagung, padi dan tenun yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri

Produk unggulan Toba punya ciri khas

Semua produk unggulan daerah tersebut, lanjut dia, memiliki ciri khas dan kualitas yang dapat bersaing dengan daerah lain.

"Agar produk unggulan yang kita miliki itu lebih dikenal masyarakat, maka promosi terus kita lakukan, salah satunya adalah mengikuti International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di Jakarta Convention Centre, Jakarta," katanya.

Produk tenun yang ditampilkan Dekranasda Toba dalam Inacraft 2022 tersebut antara lain Ulos Batak, Songket Tuntuman, Tas Bahan Tenun hasil modifikasi, Sirat Stola, Mandar Balige, Kemeja Pria Kombinasi Tenun, dan produk tenun lainnya.

Rita Marlina Poltak Sitorus menambahkan keikutsertaan Derkranasda Toba menjadi sarana promosi kerajinan untuk meningkatkan pengetahuan agar lebih berinovasi, lebih kreatif dalam memajukan kualitas produk unggulan UKM Kabupaten Toba di masa mendatang.

"Sehingga produk unggulan daerah terutama tenun khas Toba dapat lebih dikenal oleh masyarakat rantau (Red. Batak) yang berada di dalam dan luar negeri," katanya

Selain Produk Lokal Toba, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!