Lowongan Kerja di BUMN Sebanyak 2.700 Formasi, Erick Thohir: Program Ini Berperan Penting
Menteri BUMN Erick Thohir. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/pd/pri.

Bagikan:

MEDAN - Menteri BUMN Erick Thohir berharap adanya generasi penerus dari Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang diluncurkan pada Selasa (12/4).

"Penting sekali kita untuk mempunyai generasi muda yang tidak hanya melek teknologi, namun juga generasi muda yang merupakan calon pemimpin ke depan yang memiliki kapabilitas dan juga karakter atau akhlak. Di situlah kenapa kami sekarang membuka lagi rekrutmen sebanyak 2.700 lowongan dari 50 BUMN, di mana tentu kita harapkan ini adalah generasi penerus," ujar Erick Thohir dalam peluncuran Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Jakarta, Selasa.

BACA JUGA:


Menurut Menteri BUMN, seiring dengan data-data yang juga harus diperhatikan dan juga harus memberikan solusi, di mana mayoritas saat ini penduduk Indonesia adalah milenial dan generasi Z.

Artinya lapangan pekerjaan sangat dibutuhkan ke depan, apalagi terjadinya juga perubahan jenis lapangan pekerjaan yang sekarang lebih kepada melek digital.

BUMN akan buka lowongan kerja secara konsisten

Tentu COVID-19 sendiri juga menghantam sendi-sendi dari lapangan pekerjaan tersebut. Hampir 2 juta penduduk Indonesia kehilangan lapangan pekerjaan akibat pandemi tersebut.

"Tentu BUMN, kami tertantang bagaimana terus meningkatkan pembukaan lapangan kerja secara konsisten. Sejalan dengan transformasi yang ada di BUMN, kita menyadari bahwa penting sekali transformasi itu sejalan dengan transformasi daripada human capital-nya. Apalagi BUMN merupakan sepertiga dari kekuatan ekonomi Indonesia," kata Erick Thohir.

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia atau FHCI Alexandra Askandar menyampaikan bahwa program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 akan menghadirkan kesempatan karir lebih dari 2.700 posisi yang terbuka di lebih dari 50 BUMN.

"Program ini tentunya berperan penting dalam mendukung keberagaman dan transformasi di BUMN untuk menjadikan BUMN sebagai pemain global dan pabrik talenta unggul bagi Indonesia yang siap menghadapi tantangan ke depan," ujar Alexandra.

Ketua Umum FHCI itu juga menambahkan bahwa Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 ini akan ada beberapa tahapan seleksi. Tahap pertama Pendaftaran dan Seleksi Administrasi. Para pelamar sudah bisa melakukan registrasi yang dimulai pada 14 April 2022.

Kemudian beberapa tahapan berikutnya, antara lain tahapan Tes Kemampuan Dasar dan Nilai Inti BUMN. Lalu tahapan Seleksi BUMN.

Kemudian tahapan Bela Negara, tahapan Inagurasi, dan terakhir tahapan Pembekalan Insan BUMN. Untuk pengumuman hasil finalnya akan dilakukan pada Juli 2022, dan inagurasinya nanti akan dilakukan pada pertengahan Juli 2022.

Rincian dan persyaratan Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 bisa diakses pada https://rekrutbersama.fhcibumn.id.

Selain Lowongan Kerja di BUMN, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!

Terkait