Vaksin Booster di Sumut, Dinkes: 1,6 juta Masyarakat Sudah Disuntik
Seorang warga di Kota Medan, Sumatera Utara menjalani vaksinasi COVID-19. ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus

Bagikan:

MEDAN - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melaporkan jumlah warga setempat yang telah menerima vaksin dosis ketiga atau penguat (booster) mencapai 1.611.422 jiwa dari target sasaran vaksinasi 14.799.361 orang.

"Secara persentase sekitar 10,89 persen warga Sumut yang sudah divaksinasi penguat," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut Teguh Supriyadi di Medan, Selasa.

Sementara yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua sebanyak 9.008.752 atau 60,87 persen. Sedangkan yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 10.787.939 atau 72,89 persen dari target sasaran.

"Ini capaian vaksinasi yang dihitung berdasarkan data hingga 11 April 2022," katanya.

Vaksin masih digencarkan Dinkes

Dinas Kesehatan Sumut masih terus menggencarkan penyuntikan vaksin kepada masyarakat untuk membentuk kekebalan kelompok sebagai antisipasi penularan COVID-19.

Teguh menyebutkan, upaya percepatan vaksinasi COVID-19 dilakukan dengan berkolaborasi bersama aparat TNI dan Polri maupun pihak swasta.

Dengan vaksinasi diharapkan dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19 dan menekan angka penularan.

Ia mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Tetap patuhi protokol kesehatan COVID-19 meski sudah divaksin," katanya.

Selain Vaksin Booster di Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!