Vaksinasi Anak di Sumut, Dinkes: 1.375.527 Sudah Disuntik
Vaksinasi lansia di Kota Medan, Sumatera Utara. ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus

Bagikan:

MEDAN - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melaporkan, sebanyak 1.375.527 anak usia 6-11 tahun di daerah ini sudah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

"Secara persentase sudah 85,1 persen dari 1.616.233 anak usia 6-11 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Sumut," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Teguh Supriyadi di Medan, Rabu.

Ia mengatakan, untuk vaksinasi dosis kedua sudah dilakukan pada 1.147.137 anak atau 71 persen dari target sasaran.

"Untuk penerima dosis ketiga atau booster baru 25 anak," katanya.

Daerah di Sumut dengan vaksinasi 100 Persen

Dari 33 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara, ia mengatakan, baru Tapanuli Utara, Toba, Sibolga dan Samosir yang cakupan vaksinasinya sudah 100 persen.

Sedangkan untuk cakupan vaksinasi yang sudah lebih dari 90 persen terdapat 15 daerah yaitu Tapanuli Selatan, Simalungun, Dairi, Karo, Langkat, Humbang Hasundutan.

Kemudian, Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Batu Bara, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu Utara, Pematangsiantar, Tebing Tinggi, Binjai, Gunung Sitoli.

"Daerah capaian terendah yakni Kota Medan yakni 65,3 persen," katanya.

Teguh menyebut bahwa Dinas Kesehatan Sumut terus menggencarkan pemberian vaksinasi kepada masyarakat untuk membentuk kekebalan kelompok sebagai antisipasi penularan COVID-19.

Upaya percepatan vaksinasi COVID-19 dilakukan dengan berkolaborasi bersama aparat TNI dan Polri maupun pihak swasta.

"Dengan vaksinasi diharapkan dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19 serta menekan angka penularan," katanya.

Selain Vaksinasi Anak di Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!