Apa Itu Food Estate Humbahas yang Dapat Dukungan dari Kementan?
Polbangtan (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Guna meningkatkan kualitas lulusan, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan menggandeng mitra swasta, PT Daya Sarana Rekayasa (DSR) selaku dunia usaha dunia industri [DuDi].

Kolaborasi tersebut memberi peluang bagi 30 mahasiswa Polbangtan Medan mendukung Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) di Provinsi Sumatera Utara melalui kegiatan magang.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo meyakini melalui pendidikan vokasi pada Polbangtan akan hadir para petani milenial yang berkualitas.

Diharapkan petani dapat melakukan inovasi

"Dengan pendidikan vokasi, kami berharap hadir petani milenial yang mampu memberikan inovasi dalam pertanian, karena bagaimana pun, masa depan pertanian berada di pundak generasi milenial," katanya.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan.

"Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul (job seeker) serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin," kata Dedi.

Secara terpisah, Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengatakan kegiatan magang 30 mahasiswanya sebagai upaya inovasi pertanian berkelanjutan dari Polbangtan Medan dengan DSR selaku offtaker di Food Estate Humbahas.

"Program magang ini dapat memberikan pengalaman yang mumpuni kepada mahasiswa melalui pembelajaran langsung di tempat kerja atau experiential learning," kata Yuliana usai penandatangan PKS yang turut disaksikan Menko Marves Luhut B Pandjaitan.

Menurutnya, selama magang maka mahasiswa akan mendapatkan hard skill berupa keterampilan, complex problem solving, analytical skills, maupun soft skill berupa etika profesi/kerja, komunikasi dan kerjasama.

Dia menambahkan, lokasi kegiatan magang menerapkan smart agriculture, untuk mengembangkan pertanian bidang hortikultura seperti automation and irrigation, penggunaan manure spreader, potato planter, secondary head control pada irigasi.

"PT DSR merupakan leading operation dalam mengelola lahan Food Estate Humbahas pada komoditas bawang merah dan kentang," kata Yuliana.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) diteken langsung oleh Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini dan Petrus A, pimpinan DSR di sela kunjungan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Desa Hutajulu, Kecamatan Pollung, Humbahas [14/4].

Kegiatan magang mahasiswa Polbangtan Medan di Humbahas tersebut sebagai implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Nadiem Makarim, mengakomodir amanah Permendikbud No 3/2020, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar lain di luar program studinya.

Selain Food Estate Humbahas, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!