Jaminan Kesehatan di Medan Melalui Program UHC, Bobby Nasution Optimis
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kiri) menerima cinderamata dari BPJS Kesehatan Cabang Medan, Selasa (7/6/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut akan terus mempercepat capaian program cakupan kesehatan semesta (UHC) agar warga mudah mendapat akses kesehatan berkualitas.

"Kita mengapresiasi progres program UHC di Mei 2022 telah mencapai 88,08 persen. Saya berharap dipercepat guna mempermudah warga mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Bobby di Medan, Rabu.

Hal ini disampaikannya usai menerima Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan dr Sari Quratul Aini dan jajaran didampingi sejumlah pimpinan OPD terkait Pemkot Medan di Balai Kota Medan.

Kolaborasi BPJS Kesehatan dengan Dinas Kesehatan

Pihaknya meminta BPJS Kesehatan terus melakukan kolaborasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sehingga program UHC terwujud di Kota Medan.

Wali kota menargetkan sebelum 2024 program UHC telah berjalan maksimal dengan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan cukup dengan menunjukkan KTP.

Selain itu, Bobby berharap agar badan penyelenggara program jaminan sosial menjemput bola dengan mendatangi perusahaan supaya pekerjanya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

"Saya juga berharap BPJS Kesehatan Cabang Medan bisa mempermudah pendaftaran. Tidak mungkin juru parkir kita harus datang berulangkali," ungkap Wali Kota Medan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, dr Sari Quratul Aini, mengatakan pihaknya terus melakukan kemudahan bagi yang ingin mendaftar sebagai peserta.

"Untuk peserta BPJS Kesehatan mandiri, kita akan berkoordinasi dengan Perumda Pasar membuka loket pendaftaran di pasar tradisional di Kota Medan," paparnya.

Selain Jaminan Kesehatan di Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!