Harga Cabai di Sumut Naik, Ini Nih Penyebabnya
Cabai merah (ANTARA/Evalisa Siregar)

Bagikan:

MEDAN - Harga cabai merah di Sumut terus menguat atau mencapai Rp75.000 per kg dari paling mahal Rp35.000 per kg pekan lalu sebagai dampak pasokan yang ketat.

"Harga cabai merah mutu paling bagus sudah Rp75.000 per kg. Naik cukup tinggi karena pasokan sedikit," ujar pedagang di Pasar Sore Padang Bulan, Medan, D Sembiring, Rabu.

Disebabkan oleh pasokan yang ketat

Pekan lalu, harga cabai merah paling mahal masih Rp35.000 per kg. Harga yang mahal itu, katanya, dampak pasokan yang sedikit dari pedagang pengumpul.

Pedagang pemasok, katanya, menyebutkan pasokan yang ketat karena masa panen cabai merah sudah habis. "Nggak tahu lagi apakah nanti harga cabai merah naik lagi atau bisa turun," ujar Sembiring.

Dampak naiknya harga cabai merah itu, katanya, konsumen membatasi pembelian. Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Barita Sihite, mengakui ada kenaikan harga cabai merah.

"Pantauan pasar menunjukkan harga rata-rata cabai merah di pasar Sumut sebesar Rp50.333 per kg," katanya. Kenaikan harga dipicu pasokan yang ketat dari Sumut mau pun dari daerah pemasok lainnya termasuk Pulau Jawa.

Pasokan yang sedikit, dampak produksi cabai merah yang nyaris tidak ada akibat masa panen habis. "Ketersediaan cabai merah di Sumut semakin terbatas karena pasokan dari Jawa juga nyaris tidak ada," katanya.

Selain Harga Cabai di Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!