Kereta Api yang Membawa Jokowi dan Rombongan ke Ukraina dengan Pengamanan VVIP
Foto-foto di dalam berita ini karya Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bagikan:

MEDAN - Kini Presiden Jokowi dengan rombongan terbatas masih melintasi perbatasan Polandia menuju Ukraina. Delegasi ini menumpang kereta api yang sudah disiapkan pemerintah Ukraina.

Menariknya, kereta Luar Biasa ini memang selalu diisi orang-orang dengan kategori VVIP. Kereta ini menjadi satu-satunya moda transportasi menembus Ukraina di tengah invasi Rusia.

Perlu diketahui, di dalam kereta ini, Jokowi dikawal dari otoritas keamanan Polandia dan Paspampres. Presiden Jokowi dan rombongan berangkat dari Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia.

Kereta Disiapkan Khusus menuju Ukraina

Kereta ini memang disiapkan khusus pemerintahan Ukraina untuk mengantar para pemimpin negara yang mau mendukung Volodymyr Zelensky melawan Rusia. Negara terdekat yang bisa menjangkau Ukraina adalah Polandia.

Namun khusus Jokowi, dia bukan pada posisi mendukung atau tidak. Jokowi datang untuk coba ikut membantu menghentikan peperangan yang sudah berlangsung berbulan-bulan.

Dengan situasi yang masih gawat, kereta api memang jadi opsi tunggal mencapai Ukraina. Dalam situasi peperangan, tidak mungkin ada pesawat VVIP yang melintasi langit Ukraina.

Dilihat dari akun Twitter Setkab, kereta ini didominasi warna emas, terlihat mewah. Jokowi dan Iriana memakai jaket dengan warna senada, biru.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Seskab Pramono Anung ikut dalam rombongan. Namun mereka naik dengan gerbong yang terpisah oleh Jokowi.

Presiden Jokowi akan dijadwalkan akan bertemu pemimpin masing-masing negara, yakni Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow dengan perkiraan waktu pertemuan pada tanggal 29—30 Juni 2022.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Potret Kereta Luar Biasa Milik Ukraina yang Antar Jokowi dan Iriana Temui Zelensky di Kyiv

Selain Kereta Api yang Membawa Jokowi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!