IKM Furnitur di Medan Dapat Pelatihan Gratis dari Dinas Perindustrian
Kepala Dinas Perindustrian Kota Medan Parlindungan Nasution memasangkan tanda peserta pelatihan IKM di Medan, Selasa (12/7/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Dinas Perindustrian Kota Medan, Sumatera Utara, melatih 15 orang warga dan pelaku industri kecil menengah (IKM) bidang furnitur untuk mendukung satu kelurahan satu sentra kewirausahaan (sakanwira) di daerah ini.

"Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, khususnya pelaku industri kecil menengah," ujar Kepala Dinas Perindustrian Kota Medan, Parlindungan Nasution di Medan, Selasa.

Hal ini ditegaskannya usai membuka pelatihan IKM bidang furnitur yang akan berlangsung swlama 10 hari. Usai pelatihan peserta membentuk kelompok usaha bersama dan menerima hibah peralatan furnitur di kantor Kelurahan Karang Berombak, Medan Barat.

Tujuan Pelatihan IKM di Medan

Melalui pelatihan ini, lanjut dia, diharapkan terwujud perekonomian masyarakat, tercipta lapangan kerja, dan iklim kewirausahaan yang sehat, dan sekaligus peningkatan sumber daya manusia di daerah ini.

"Dinas Perindustrian berkomitmen membentuk IKM yang kuat, cerdas dan terampil. Kita arahkan semua aktivitas berkontribusi kesejahteraan keluarga, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," terangnya.

Pihaknya berpesan agar peserta mengikuti pelatihan ini memiliki sikap disiplin yang tinggi, bersungguh-sungguh dan tidak segan-segan untuk berinteraksi dengan instruktur.

"Kita harapkan setelah pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan inovasi dalam produksi furnitur hingga peluang kerja dan perekonomian daerah," ungkap Parlindungan.

Camat Medan Barat, Lilik, mengapresiasi Dinas Perindustrian Kota Medan yang menggelar pelatihan furnitur yang berlangsung pada 12 - 22 Juli 2022 itu.

Ia mengatakan, di kelurahan ini memang banyak terdapat pelaku IKM bidang furnitur maupun bahan-bahan yang dibutuhkan bagi pembuatan furnitur.

"Manfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya untuk dapat melahirkan inovasi dalam produksi furnitur," kata Lilik kepada 15 peserta.

Selain IKM Furnitur di Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!