Danau Toba Rally 2022, Lintasan Sepanjang 132 Kilometer
Rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Danau Toba Rally tahun 2022, di Ruang Kerja Wakil Gubernur Sumut di Medan. (FOTO ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Toba Pulp Lestari (TPL) memberikan dukungan penuh untuk kesuksesan penyelenggaraan Danau Toba Rally tahun 2022 yang dijadwalkan pada 5-8 Agustus.

Dalam rilis (25/7), disebut TPL memfasilitasi lintasan rally sepanjang 132 kilometer di kawasan konsesi perusahaan, yang berlokasi di Hutan Tanaman Industri (HTI) TPL Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Direktur TPL, Anwar Lawden mengekspresikan kebanggaan pihaknya, karena dapat menjadi bagian dari event untuk memajukan pariwisata di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Danau Toba.

Pernah menjadi event internasional

Selama ini TPL mengelola kawasan konsesi secara berkelanjutan dan hal itu mendorong potensi unggul lain dari konsesi untuk sport tourism, katanya.

Lintasan rally di kawasan HTI TPL Sektor Aek Nauli pernah menjadi lokasi untuk event internasional, yakni menjadi bagian lintasan SS pada World Rally Championship 1996 dan 1997, dan juga dipergunakan sebagai lintasan pada Kejurnas Rally tahun 2007, 2019 serta terakhir pada Kejurnas Rally 2021.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah menekankan agar perhelatan bisa lebih baik mengingat kegiatan ini juga menjadi satu persiapan menyambut Asian Pasific Rally Championship (APRC) yang akan diadakan di September 2022 dan World Rally Championship (WRC) di tahun 2023 mendatang.

Ijeck, sapaan akrab Wakil Gubernur Sumut ini menginformasikan, para perally dengan antusias sudah menyiapkan mobilnya yang terbaru untuk bisa ikut kegiatan ini.

Dia pun berharap IMI sebagai penyelenggara bisa terus berkomunikasi dengan IMI Pusat terkait WRC dan meminta dukungan masyarakat khususnya yang berada di Kawasan Danau Toba untuk menyukseskan kegiatan yang bisa berdampak baik untuk pemulihkan ekonomi.

Ketua IMI Sumut Harun Mustafa juga menambahkan pihaknya butuh dukungan dan komitmen dari semua pihak untuk menyukseskan Kejurnas Rally dan menghadirkan kembali WRC di Danau Toba.

IMI mengklaim kesiapan menyambut event sport tourism tersebut sudah mencapai 80 persen hingga pekan lalu.

Selain Danau Toba Rally 2022, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!