Kesiapan Atlet Pelatda Sumut untuk PON XX Papua
Atlet binaan KONI yang dipersiapkan menghadapi PON di Papua menjalani tes fisik. (Foto- ANTARA/Juraidi)

Bagikan:

MEDAN – Menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua, sebanyak 172 atlet Pelatda Sumatera Utara melakukan tes fisik di Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed).

Sekretaris Umum KONI Sumut Chairul Azmi Hutasuhut mejelaskan tes fisik adalah salah satu bagian penting yang harus dilalui kontingen Sumut untuk mempersiapkan PON XX/2021 Papua.

Apa Tujuan Tes Fisik Atlet Pelatda Sumut?

Azmi menjelaskan jika tes fisik yang dilakukan para atlet ada di bawah pengawasan sejumlah tim ahli. Tes tersebut merupakan tes lanjutan yang ketiga.

Adapun tujuan tes fisik bagi para atlet adalah untuk mengetahui perkembangan fisik selama menjalani Pelatda, terlebih mereka melakukan latihan mandiri di tengah pandemi COVID-19.

Selain itu, Azmi berharap hasil tes fisik dapat menunjukkan peningkatan kondisi fisik atlet.

 “Kondisi fisik sangat menunjang penampilan atlet di masa pertandingan. Oleh karena itu, meski dalam setahun terakhir dampak COVID-19 diberlakukan latihan mandiri, namun para atlet harus tetap serius menjalani latihan,” terang Azmi dilansir dari Antara, Senin 12 April.

Sementara itu, Wakil Sekretaris KONI Sumut Mesnan mengungkapkan jika pelaksanaan tes fisik Tahap III di Medan itu belum diikuti seluruh atlet dan pelatih karena sebagian atlet tengah menjalani Pelatnas di Jakarta, dan sebagian ada juga yang sedang bertanding.

Kendati demikian, seluruh atlet Pelatda tetap diwajibkan menjalani tes fisik walaupun tidak berbarengan pada satu waktu yang sama.

Azmi menambahkan materi tes disesuaikan dengan spesifikasi cabang olahraga masng-masing atlet, seperti bleep test, lari, vertical jump dan lain-lain.

”Intinya, kita ingin mengetahui sejauh mana kebugaran fisik dan jasmani si atlet. Atas nama KONI Sumut, kami mengucapakan terimakasih kepada FIK Unimed atas kerjasamanya sehingga pelaksanaan tes fisik bagi atlet Pelatda PON Sumut berjalan lancar, " imbuh Azmi.

Perlu diketahui pelaksanaan PON XXI/2021 akan dumulai enam bulan dari sekarang.

Selain persiapan atlet dalam PON XX di Papua, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!