BMKG Medan akan Pantau Hilal di Pantai Binasi Tapanuli Tengah
Ilustrasi pemantauan hilal. (Gambar- Nu.or.id)

Bagikan:

SUMATERA UTARA – Pemantauan untuk penentuan awal bulan Ramadhan 1442 Hijriah oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan akan dilakukan pada sore hari nanti, Senin, 12 April.

BMKG diketahui akan memantau ketinggian hilal di kawasan Pantai Binasi, Sorkam, Tapanuli Tengah.

Tetap Menunggu Putusan Menteri Agama

"Sore atau Maghrib nanti kita ada pengamatan hilal di Pantai Binasi, Tapanuli Tengah," papar analisis Geofisika BMKG Wilayah I Medan Chichi Nurhafiza dilansir dari Antara, Senin 12 April.

Perlu diketahui, hilal adalah bulan sabit pertama yang dapat dilihat di arah dekat Matahari terbenam yang mengacu pada permulaan bulan di kalender Islam.

Chichi Nurhafiza menjelaskan berdasarkan hitungan pihaknya, ketinggian hilal atau Bulan ketika Matahari terbenam di wilayah Tapanuli Tengah ada pada sekitar tiga derajat 31 menit 47 detik.

Sementara itu, ketinggian hilal di Kota Medan diperkirakan mencapai tiga derajat 31 menit 50 detik.

"Tapi, mengawali Bulan Puasa Ramadhan tahun ini, kami imbau menunggu keputusan Menteri Agama yang diumumkan pada Senin malam," imbuhnya.

Selain pemantauan hilal di Pantai Binasi Tapanuli Tengah Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!