Masjid di Kota Medan Rencananya Tidak Hanya Sebagai Tempat Ibadah
Ilustrasi masjid. (Foto- Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyerukan program masjid mandiri yang membuat masjid-masjid yang ada di Kota Medan tidak hanya berfungsi sebagai pusat atau tempat ibadah.

Perlu diketahui, menurut Kaban Kesbangpol Kota Medan, Sulaiman Harahap di kota Medan terdapat 1.115 Masjid dan 653 Musholah.

Empat Bidang Pendorong Masjid Mandiri di Medan

Khusus pembentukan Masjid mandiri di Kota Medan akan didorong empat bidang diantaranya bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang sosial, dan bidang kesehatan.

Selanjutnya, untuk bidang pendidikan masjid mandiri akan mengaktifkan kegiatan magrib mengaji, penyediaan fasilitas ramah anak dan taman baca islam.

Kemudian untuk bidang ekonomi diwujudkan melalui pembentukan koperasi simpan pinjam, penyediaan kebutuhan bahan pokok, dan pembentukan unit usaha lainnya.

Selain itu, untuk bidang sosial diwujudkan melalui membantu masyarakat yang kurang mampu di sekitar Masjid, membayar biaya sekolah anak yatim, subsidi silang Masjid, serta pengadaan ATM beras bagi masyarakat yang kurang mampu.

Terakhir di bidang kesehatan diwujudkan seperti pembangunan klinik dan perawatan bagi jamaah yang telah lanjut usia.

"Empat bidang yang direncanakan ini sesuai dengan visi dan misi dari Bapak Wali Kota Medan," papar Sulaiman dari Dinas Kominfo Kota Medan, Selasa 13 April.

Sulaiman kemudian menjelaskan uraian tugas dari masing-masing OPD untuk mendukung terwujudnya Masjid yang mandiri di Kota Medan.

Selain rencana pembentukan masjid mandiri di Kota Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!