Gerhana Bulan Supermoon Sumut, Apakah Dapat Dilihat?
Ilustrasi. (Foto- Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – Pada hari Selasa malam 27 April, terjadi fenomena supermoon yang dapat dilihat dari beberapa wilayah di Indonesia.

Namun bagi Anda yang melewatkan peristiwa tersebut, jangan khawatir karena pada bulan Mei 2021 akan ada peristiwa serupa yang dimungkinkan dapat diamati di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Sumatera Utara (Sumut).

BACA JUGA:


Supermoon dan Gerhana Bulan Total

Pada tanggal 26 Mei 2021, akan terjadi fenomena supermoon atau bulan purnama total. Fenomena tersebut adalah supermoon yang terjadi kedua kalinya di tahun 2021 ini.

Perlu diketahui fenomena supermoon terjadi ketika bulan berada pada titik terdekat dari bumi, kemudian akan terlihat sedikit lebih besar kemudian lebih terang dari bulan purnama biasanya.

Fenomena selanjutnya adalah gerhana bulan total yang terjadi pada tanggal 7 dan 26 Mei 2021.

Gerhana bulan total terjadi saat seluruh bulan melewati bayangan gelap bumi  atau yang disebut dengan “umbra”. Namun pada gerhana total, biasanya bulan akan menjadi gelap secara bertahap, kemudian baru berubah warna menjadi merah darah.

Selain gerhana bulan supermoon Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!