Perjalanan John McAfee, Bos Antivirus yang Kontroversi hingga Bunuh Diri di Penjara
John McAfee (Reuters)

Bagikan:

MEDAN - Bos antivirus John McAfee ditemukan tewas di dalam sel tahanannya di Barcelona, Spanyol. Dirinya sebelumnya dinyatakan oleh pengadilan tinggi Spanyol akan diekstradisi dengan tuntutan penggelapan pajak.

Meski McAfee sosoknya mungkin kurang populer di Indonesia. Namun, dialah pendiri perusahaan perangkat lunak untuk program antivirus McAfee.

Kontroversi yang Dibuat John McAfee

Banyak kontroversi yang pernah dibuat John McAfee semasa hidupnya. Mulai dari yang masih jadi misteri, hingga catatan kriminal yang mengiringi hidupnya sebelum tiada.

Lebih lengkap, berikut adalah beberapa kontroversi dalam perjalanan hidup McAfee yang dirangkum tim VOI dari berbagai sumber.

McAfee memulai karirnya pada akhir dekade 80-an. Bersama McAfee Associates, perusahaan software yang dulu pernah jadi standar dari keamanan komputasi. Pada tahun 1994, McAfee keluar dari perusahaan tersebut –yang malah membuat McAfee Associates mencapai puncak kejayaan.

Sejak keluarnya McAfee, perusahaan berusaha menjaga jarak dengan sosok yang namanya dipakai itu. Bahkan, sempat berganti nama jadi  Intel Security usai perusahaan semikonduktor tersebut membelinya dengan nilai 7,7 miliar dolar Amerika Serikat pada tahun 2010.

Lantas, apa yang membuat perusahaan begitu getol pengin menjauhkan diri dari McAfee? Ada banyak alasannya. Usai McAfee menjual sahamnya pada perusahaan tersebut, McAfee pergi menjajal beragam jenis bisnis –yang berumur pendek.

Mulai dari sistem pengiriman pesan singkat, penyedia keamanan data, hingga penyedia sepeda roda tiga untuk hang glider. Masalah dimulai saat McAfee pindah ke Belize pada tahun 2008, di mana dia mendirikan perusahaan QuorumEx.

Perusahaan tersebut bertujuan memproduksi antibiotik herbal yang mampu mengganggu alat indera bakteri. Pada tahun 2012, dicurigai sebagai lab produksi methamphetamine, Unit Tindak Geng Kriminal kepolisian Belize menggeledah fasilitas riset QuorumEx.

Dalam penggerebekan tersebut, polisi menyita pasport dan senjata berlisensi milik McAfee. Kemudian, polisi pun menahan McAfee –meskipun cuma sebentar, dengan tuntuntan memproduksi obat ilegal.

Ditambah, dalam penggerebekan tersebut, McAfee ditemukan sedang tidur bersama gadis berusia 16 tahun.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Kontroversi John McAfee dari Bos Antivirus hingga Mati di Penjara

Selain Perjalanan John McAfee, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!