Menkes Budi Blak-Blakan Jelaskan COVID Varian Delta Menyebar di 7 Provinsi Luar Jawa Ini
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, penyebaran COVID-19 varian Delta sudah terdeteksi di sejumlah provinsi di luar Pulau Jawa. Hanya, penyebaran varian ini tidak merata.

"Kita melihat mereka (varian Delta) sudah mulai menyebar ke luar Jawa," ujar Menkes Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR secara virtual, Selasa, 13 Juli.

Provinsi di Indonesia yang Terserang COVID Varian Delta

Sebaran varian delta, kata dia, sudah menjangkau provinsi lain seperti, Lampung, Sumatra Selatan, Bengkulu, Kalimantan Timur, Papua Barat, dan Kepulauan Riau.

"Kalau kita amati penyebarannya dan laju peningkatannya, ini ciri-ciri varian dari mutasi delta," ungkapnya.

Menurut Budi, penyebaran varian baru ini lantaran terjadinya lonjakan kasus COVID-19 yang cukup signifikan di beberapa daerah belakangan ini.

"Beberapa provinsi itu sudah sangat tinggi karena ledakan dari varian delta," kata dia.

Dia menambahkan, berapapun tambahan rumah sakit tidak akan cukup apabila masyarakat tidak membatasi mobilitasnya.

"Saya tekankan sekali lagi bahwa apapun yang kita lakukan di rumah sakit tidak akan pernah cukup kalau kita tidak membereskan disisi hulu. Kalau kita tidak disiplin menjaga jarak, memakai masker dan jangan kemana-mana tapi stay at home," tandas Menkes.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Menkes Budi Buka-bukaan, COVID Varian Delta Sudah Menyebar ke 7 Provinsi Ini, Waspada!

Selain COVID Varian Delta, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!