Apresiasi Kakek Safaruddin yang Minta Divaksin Menkes Budi: Jangan Takut, Gak Berubah Jadi Zombie
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: kemkes.go.id)

Bagikan:

MEDAN - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, mengapresiasi Safaruddin, seorang kakek di Sulawesi Selatan yang mengayuh sepeda sejauh 15 kilometer hanya karena ingin mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Dalam kesempatan berbincang dalam kanal YouTube resmi Kemenkes, yang dilihat Selasa, 3 Agustus, Budi menanyakan alasan Safaruddin ikut vaksinasi.

Safaruddin Mengaku Atas Kemauan Sendiri Ingin Vaksin

"Biar gimana ini menjadi viral sekali semua orang nonton dan lihat. Pak Safaruddin, itu bapak pengen divaksinasi karena keinginan bapak sendiri, keluarga atau kenapa?" tanya Menkes Budi.

Safaruddin mengaku atas kemauan dan kesadarannya sendiri mau divaksin lantaran takut akan ancaman COVID-19. Sementara, di kampungnya banyak yang enggak vaksinasi lantaran takut disuntik.

"Mengapa mereka enggak mau, apa takut disuntik? Bapak bilang ke mereka dong jangan takut, bapak juga enggak berubah jadi zombie kan? Tetap aja kan?," tanya Menkes lagi.

Safaruddun mengungkapkan, keberaniannya untuk disuntikkan vaksin lantaran tidak ingin tertular dan menularkan COVID-19 kepada saudara-saudaranya. Pun teman-teman sebayanya sudah ditanyakan mengapa tak mau divaksin, alasannya mayoritas karena takut.

Usai divaksin, kakek 64 tahun ini mengungkapkan tak ada efek samping mengkhawatirkan. "Biasa biasa saja tak meriang. Saya takut corona, banyak saudara supaya tidak tertular. Saya prinsip saja mau divaksin. Anaknya tak pernah nyuruh," ungkap Safaruddin.

Menkes pun mengacungi jempol untuk Safaruddin yang rela berjalan jauh untuk mendapatkan vaksinasi. Dia berharap para lansia di seluruh Indonesia juga mengikuti keberanian Safaruddin.

"Mudah mudahan memberi inspirasi bagi senior-senior di Indonesia untuk mau datang ke vaksinasi," kata Menkes Budi

Untuk diketahui, usai videonya viral dan menjadi sorotan, Safaruddin (64) mendapat hadiah sepeda motor dari Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan artis Ivan Gunawan.

Sebelumnya, video kakek Safaruddin yang bersepeda sejauh 15 kilometer demi mendapat suntikan vaksin COVID-19, menjadi viral di media sosial.

Hadiah sepeda motor dari Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan diberikan langsung kepada Safaruddin pada Jumat, 30 Juli.

Kakek yang bekerja sebagai pencuci motor ini juga sempat berbincang secara virtual dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Beliau telah terima kemarin sore mudah mudah berkah bagi Pak Safar dan keluarganya dan permintaan tersebut disampaikan langsung Pak Safar saat berbicara secara virtual dengan Menteri Kesehatan," kata Andi, Sabtu, 31 Juli.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Menkes Budi Minta Kakek Safaruddin Ajak Lansia Divaksin: Bilang Pak Jangan Takut, Gak Berubah Jadi Zombie

Selain Kakek Safaruddin yang Minta Divaksin, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!